26 February 2022, 06:15 WIB

Sudah 178 ribu ton Pupuk Subsidi Disalurkan di Jabar


Nurul Hidayah |

SEBANYAK 178 ribu ton pupuk bersubsidi sudah disalurkan PT Pupuk (Persero) di wilayah Jawa Barat. Stok pupuk bersubsidi untuk musim tanam II juga telah tersedia di gudang lini 3 atau di tingkat kabupaten.

SVP Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, saat berada di Cirebon, kemarin, menjelaskan hingga 23 Februari 2022, sebanyak 178 ribu ton pupuk bersubsidi sudah disalurkan di Jawa Barat.

"Jumlah ini mencapai 14 persen dari total alokasi pupuk bersubsidi di Jabar yang mencapai 1,24 juta ton," tutur Wijaya.

Ada pun pupuk bersubsidi yang sudah disalurkan terdiri dari lima jenis. Yakni; urea sebanyak 88 ribu ton, SP36 sebanyak 7,7 ribu ton, ZA ssebanyak 8 ribu ton, NPK sebanyak 68,4 ribu ton dan organik sebanyak 6 ribu ton.

Untuk menghadapi musim tanam rendeng tahun ini, menurut Wijaya, ketersediaan pupuk sangat mencukupi. "Stok pupuk bersubsidi di Jabar saat ini mencapai 105,4 ribu ton," tutur Wijaya.

Stok pupuk tersebut sudah tersedia di gudang lini 3 atau di gudang tingkat kabupaten di wilayah Jabar. Stok tersebut juga lebih banyak dari stok ketentuan minimum pemerintah. Ada sebanyak 60 unit gudang di lini 3 dengan total kapasitas sekitar 200 ribu ton.

Sedangkan untuk distribusi, Pupuk Indonesia berpedoman pada surat keputusan (SK) dari Dinas Pertanian kabupaten dan kota setempat. Mereka juga menyalurkan pupuk sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). "Untuk jaringan distribusi di Jabar terdiri 121 distributor dan 3.216 kios resmi," tutur Wijaya.

Menurut Wijaya, mereka juga menekankan kepada distributor dan kios resmi untuk tidak melakukan penyelewengan pupuk bersubsidi. “Kami akan memberikan sanksi hingga pemberhentian kerja sama jika mereka kedapatan terlibat dalam penyelewengan pupuk bersubsidi," tutur Wijaya. (OL-13)

Baca Juga: Pastikan Stok Pupuk Bersubsidi Aman, Pusri Optimalisasi Distribusi

 

BERITA TERKAIT