25 February 2022, 14:20 WIB

Penting, para Orang Tua Mengenalkan Kuliner Nusantara pada Anak


Mediaindonesia.com |

BAGI para orang tua, memperkenalkan beragam jenis kuliner khas Indonesia pada anak merupakan hal yang tidak mudah. Meski demikian, hal ini kerap dilakukan agar anak tidak merasa bosan atau bahkan mengadopsi perilaku picky eater.

Padahal, kuliner nusantara dengan keberagamannya terbuat dari bahan baku yang kaya akan nutrisi dan rempah dapat memberi kesehatan bagi anak. Selain melatih indra pengecap anak, mengenali ragam santapan khas Indonesia akan menambah wawasan anak akan kuliner yang merupakan warisan budaya Tanah Air.

Baca juga: Perjalanan 36 UMKM Kuliner di Juragan Jaman Now

“Kami menyadari bahwa memperkenalkan makanan tradisional kepada anak bukanlah perkara sederhana. Diperlukan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan kebiasaan makan anak hingga pada nantinya anak dengan mudah menerima jenis kuliner yang bermacam-macam. Untuk itu, Gado-Gado Boplo hadir dengan menawarkan berbagai jenis makanan tradisional untuk mendukung para orang tua dalam menambah wawasan kuliner buah hatinya. Terlebih, sampai tanggal 27 Februari ini, Gado-Gado Boplo bekerja sama dengan ShopeePay melalui kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale dan menghadirkan voucher cashback hingga 100% untuk keluarga Indonesia,” ujar Owner Gado-Gado Boplo, Calvin Hartono.

Ia pun memberikan cara pada para orang tua dalam memperkenalkan makanan tradisional kepada anak. Pertama, mulailah dari jenis santapan dengan tipe penyajian dan palet rasa yang menyerupai hidangan favorit anak. Misalnya, apabila anak menyukai makanan berkuah seperti soto ayam, bisa eksplorasi menu dari hidangan serupa seperti rawon, sop buntut, soto mie, hingga soto betawi.

Kemudian sediakan camilan di rumah. Ketiga, perkenal perkenalkan kepada anak cerita di balik makanan tersebut. Dengan demikian, rasa keingintahuan si kecil yang besar dijamin tergelitik dan ingin belajar lebih lanjut soal kuliner Indonesia. Dan keempat,  agendakan kegiatan wisata kuliner secara berkala bersama keluarga maupun teman-temannya. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT