24 February 2022, 17:00 WIB

Rumah Sakit di Pasuruan Bahas Kemandulan dan Solusinya


mediaindonesia.com |

INFERTILITAS atau masyarakat awam biasa menyebutnya dengan mandul bila sepasang suami istri yang sudah menikah lebih dari satu tahun kemudian tidak saling berjauhan dan melakukan hubungan suami istri secara teratur 2-3 kali per minggu dan tidak menggunakan alat kontrasepsi tetapi tidak kunjung hamil. Penyebab infertilitas tidak hanya dari faktor istri tetapi juga faktor suami dan bisa juga gabungan dari suami dan istri.

Itu disampaikan dr. Rudy, Sp.OG dalam seminar awam mengusung tema Mengenal kesuburan dan program kehamilan yang digelar RS Mitra Sehat Medika Pasuruan pada Taman Dayu Golf Club & Resort Pasuruan, awal bulan ini. Acara seminar awam tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peresmian Klinik Fertilitas Indonesia di RS Mitra Sehat Medika. 

"Dari suami bisa karena sperma yang kurang baik yang bisa kita ketahui dari pemeriksaan analisa sperma dan gangguan ereksi. Dari faktor istri, ada sumbatan saluran tuba, perlekatan, infeksi, dan gangguan ovulasi. Semua gangguan itu harus dikonsultasikan ke dokter dan diberikan treatment yang sesuai," jelas dr. Rudy. Tipsnya bagi ayah bunda yang sedang melakukan program kehamilan yaitu kontrol teratur sesuai anjuran dokter, mengikuti nasihat dan petunjuk yang dilakukan dokter, serta berdoa untuk mendapatkan hasil yang baik. 

Direktur RS Sehat Medika Pasuruan dr. Chandra Lionardy mengatakan pihaknya sangat menyambut hangat kerja sama dengan PT Morula Indonesia karena di rumah sakit tersebut punya layanan unggulan yaitu obstetri ginekologi. "Menghadirkan Klinik Fertilitas Indonesia di rumah sakit kami untuk memfasilitasi pasangan muda di wilayah Pandaan, Pasuruan, dan sekitarnya agar mendapatkan layanan program hamil yang tepat," ujarnya.

 

Baca Juga: Kunjungan Wisata ke Sleman Merosot Tajam Sejak Awal Februari

 

Program kehamilan yang menjadi unggulan di RS Mitra Sehat Medika Pasuruan yakni inseminasi. Inseminasi  atau Intrauterine Insemination (IUI) merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Acara itu sangat ditunggu oleh para pasutri yang sedang mendambakan buah hati tetapi tidak tahu langkah yang harus ditempuh. "Seluruh cabang Klinik Fertilitas Indonesia termasuk RS Mitra Sehat Medika Pasuruan didukung penuh oleh Klinik Fertilitas Indonesia dalam hal kompetensi tenaga kesehatan dan pemasarannya. Tujuan kami mendirikan Klinik Fertilitas Indonesia di RS Mitra Sehat Medika untuk membantu pasangan suami istri di Pasuruan dan sekitarnya yang kesulitan mendapatkan buah hati. Harapan kami dengan kehadiran klinik di RS Mitra Sehat Medika warga tidak perlu ke luar kota untuk mendapatkan layanan program kehamilan," ujar Susanto sebagai Regional Business Operation Manager Klinik Fertilitas Indonesia. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT