23 February 2022, 13:32 WIB

Polres Brebes Musnahkan Lebih dari Seribu Knalpot Brong


Supardji Rasban |

POLRES Brebes Jawa Tengah, memusnahkan lebih dari seribu knalpot brong, yakni knalpot yang menimbulkan suara berisik. Pemusnahan knalpot tersebut dilakukan di halaman Mapolres Tegal, Rabu (22/02/2022).
     
Pemusnahan knalpot yang bikin suara bising itu merujuk pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Surat Telegram Kapolda Jateng Tentang pelaksanaan kegiatan penindakan pelanggaran lalu lintas sepeda motor yang masih menggunakan knalpot tidak standar yang dapat menimbulkan suara bising.
          
Sebanyak 1.178 knalpot brong yang disita dan dimusnakan tersebut dari hasil operasi rutin yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Brebes sejak beberapa pekan terakhir dan akan terus dilakukan.
     
Menurut Kapolres Tegal, AKBP Faisal Febriyanto, pihaknya terus berupaya menindak tegas pengguna knalpot brong tersebut. "Knalpot brong yang kita musnahkan pada hari ini sebanyak 1.178 knalpot, yang diserahkan oleh pelanggar secara sukarela dengan dilampiri tanda terima, sebanyak 1.584 pelanggar selama bulan Januari sampai dengan Februari. "Pengguna jalan yang kedapatan tidak menggunakan helm juga ditindak melalui hunting system," terang Faisal.

Bupati Brebes, Idza Priyanti yang ikut menyaksikan dan juga melakukan pemusnahan knalpot brong dengan cara dipotong menggunakan mesin, mengapresiasi langkah Polres Brebes, yang sudah berupaya memusnahkan knalpot brong hasil operasi.
     
"Kami dari pemerintah Kabupaten Brebes, mengapresiasi sekaligus mendorong Polres Brebes yang sudah memusnahkan knalpot yang bikin berisik ini," ujar Idza Priyanti.
     
Idza berharap agar langkah tersebut terus dilakukan Polres Brebes sampai di Kabupaten Brebes ini tidak ada lagi knalpot yang bikin berisik. "Itu sangat mengganggu sekali termasuk bagi sesama pengguna jalan," ucap bupati. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT