21 February 2022, 15:43 WIB

Erick Thohir Temui Sri Sultan Bahas Jalan Tol dan Borobudur


Ardi Teristi H |

MENTERI BUMN Erick Thohir bertemu dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Senin (21/2) pagi. Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup.

Sri Sultan menyampaikan pertemuan tersebut bagian dari silaturahmi antara dirinya dengan Erick Thohir.

"Tadi membicarakan tentang kepastian jalan tol dan kepastian tentang Borobudur," kata Sri Sultan kepada wartawan, Senin (21/2) siang.

Ia menyampaikan, pembicaraan tentang jalan tol meliputi pembebasan lahan hingga rencana pelaksanaan pembangunan jalan tol. Pasalnya, pelaksana proyek pembangunan jalan tol melibatkan perusahaan-perusahaan BUMN.

Baca juga: Prambanan dan Borobudur Bisa Untuk Kegiatan Keagamaan se-Dunia

Terkait Borobudur, Sri Sultan dan Erick Thohir membahas terkait pengembangan pariwisata super prioritas Borobudur. Pasalnya, pariwisata Borobudur tidak hanya Candi Borobudur melainkan pengembangan kawasan Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang).

"Pengembangannya melibatkan beberapa BUMN. Candi Borobudur dan Candi Prambanan pun hingga saat ini juga sudah dimaintain oleh BUMN (Taman Wisata Candi)," papar dia.

Sri Sultan pun berharap, tidak terjadi benturan kewenangan dalam mengembangkan pariwisata di DIY dengan otoritas Borobudur. Pasalnya, selama ini belum jelas pembagian kewenangan dan tugas terkait pengembangan pariwisata super prioritas tersebut.(OL-5)

BERITA TERKAIT