18 February 2022, 21:10 WIB

Warga Padang Panjang Bisa Kunjungi Pasar untuk Vaksinasi Covid-19


Yose Hendra |

WARGA Kota Padang Panjang dan sekitarnya yang belum menjalankan vaksinasi dapat mengunjungi gerai vaksin covid-19 yang berada di bawah Kantor Bidang Pengelolaan Pasar di Jalan Imam Bonjol serta Markas Koramil 01/PP di Jalan Sudirman.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Rahmaisa mengatakan vaksinasi covid-19 di dua tempat ini terbuka untuk umum.

"Jadwalnya Senin, Rabu dan Jumat di Pasar Pusat Padang Panjang. Selasa, Kamis dan Sabtu di Markas Koramil dimulai pukul 09.00 s/d 12.00 WIB. Vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca," katanya, Jumat (18/2).

Dikatakannya lagi, vaksin AstraZeneca ini juga digunakan sebagai booster bagi yang sudah dua kali divaksin dengan Sinovac atau AstraZeneca, berjarak enam bulan setelah dosis kedua.

"Yang tersedia untuk booster saat ini adalah AstraZeneca karena vaksin ini yang banyak di dropping oleh Kemenkes RI. Wajib bagi yang sudah berjarak enam bulan setelah dosis kedua," ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi Booster Perdana Digelar di Rutan Padang Panjang

Sedangkan, Pfizer dan Moderna difokuskan untuk vaksin pertama untuk anak usia 12 tahun ke atas lantaran ketersediaan stok yang sudah sedikit. Adapun Sinovac hanya untuk anak usia 6-11 tahun serta dosis kedua.

"Sinovac sudah tidak bisa digunakan karena tidak bisa dientrikan ke aplikasi PCare lagi. Sehingga tidak bisa terbit sertifikatnya. Takutnya tidak tersedia lagi nanti untuk vaksin dosis kedua," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT