09 February 2022, 20:10 WIB

Pengampu Prodi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi Sambangi Anak Yatim dan Dhuafa di Bandung Barat


Media Indonesia |


DI tengah pandemi covid-19 yang tidak kunjung mereda, para pengajar Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, menggelar pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, aksi itu ditujukan untuk memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Para staf pengajar bergerak ke Pondok Asuh Yatim Piatu Dhuafa yang dikelola Yayasan Jabar Hikmah Muttaqien, di Kabupaten Bandung Barat.
 
Siti Fatimah, Ketua Prodi Bimbingan dan Konseling mengungkapkan pentingnya penguatan pemberdayaan ekonomi bagianak-anak yang terdampak covid-19.

“Sepanjang pandemi covid-19 anak-anak terdampak langsung, terutama dari aspek ekonomi dan pendidikan. Hari ini Prodi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi bergerak hadir untuk memberdayakan ekonomi dengan menyalurkan sembako berupa beras, minyak goreng, gula, biskuit, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya,” ujarnya
 
Dalam kunjungan itu, Siti menambahkan, tim dosen juga memotivasianak-anak yatim dan dhuafa di panti asuhan untuk tetap menjaga semangat dan meraih prestasi gemilang.

“Dampak covid-19 dalam bidang pendidikan sangat terasa. Anak-anak harus belajar secara daring, sehingga ditemukan fenomena loss learning. Karena itu, kami dari tim dosen Prodi Bimbingan dan Konseling juga turut serta memberikan bantuan konseling psikologis dengan memotivasi anak-anak yatim dan dhuafa di panti asuhan, supaya tetap semangat belajar dan berprestasi walaupun di tengah berbagai keterbatasan dan kondisi sulit," paparnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Prodi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi, Bandung, disambut positif oleh  keluarga besar Pondok Asuh Yatim Piatu Dhuafa Yayasan Jabar Hikmah Muttaqien.

M Acep Hilman, pengelola pondok asuh, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang telah diberikan.

“Alhamdulillah, Kami ucapkan banyak terima kasih wabil khusus kepada Prodi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi dan seluruh relawan, dermawan, hamba Allah yang sudah berinfaq, sodaqoh, dan berpartisipasi. Di panti asuhan ini terdapat 30 siswa panti asuhan yang tersebar di jenjang SD, SMP, dan SMA. Semoga menjadi amal kebaikan yang manfaat dan berkah serta mendapat pahala dari Alloh SWT. Insya Alloh Prodi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi semakin maju dan jaya," doa Acep. (N-2)

BERITA TERKAIT