07 February 2022, 21:38 WIB

Sebagian Besar Pasien Covid-19 di Cirebon Lakukan Isoman


Nurul Hidayah |

SEBAGIAN besar warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Jumlah warga yang terpapar Covid-19 juga semakin meningkat.

Kasi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Dendi Hamdi menjelaskan saat ini kasus covid-19 di Kabupaten  Cirebon bertambah menjadi 261 orang. Padahal, akhir pekan lalu jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 baru mencapai 137 orang.

"Dari jumlah 261 pasien Covid-19 tersebut yang dirawat di rumah sakit ada 73 orang," kata Dendi, Senin (7/2). Pasien menjalani perawatan baik di rumah sakit pemerintah maupun swasta yang ada di Kabupaten Cirebon.

Ini berarti sebagian besar atau sebanyak 188 orang yang juga dinyatakan  positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. Namun keberadaan pasien Covid-19 yang isoman menurut Dendi kondisinya tetap dipantau oleh petugas dari puskesmas setempat.

"Mereka bergejala ringan. Bahkan ada pula yang tidak bergejala," tutur Dendi.

Tentang tingginya kasus Covid-19 saat ini menurut Dendi  dikarenakan tingginya angka testing dan tracing yang dilakukan. Sehingga jumlah pasien yang terpapar Covid-19 dalam sehari bisa mencapai puluhan.  "Penambahan kasus didominasi karena menurunnya kesadaran masyarakat  untuk mematuhi protokol kesehatan," tutur Dendi.

Untuk penambahan kasus dari hasil tracing kontak erat hanya 14 persen dari total penambahan kasus baru. Untuk itu, Dendi meminta kepada masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Pandemi belum berakhir, jangan sampai kendor protokol kesehatan," tutur Dendi. (OL-15)

BERITA TERKAIT