07 February 2022, 17:42 WIB

Mobil Sehat PT Timah Jangkau Pengobatan Gratis Lebih 1.700 Warga Babel


Rendy Ferdiansyah |

SEBANYAK 1.781 warga Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang tersebar di 22 titik mendapatkan pelayanan pengobatan gratis PT Timah melalui mobil sehat.

"Mobil sehat ini sudah ada sejak tahun 2020, setidaknya sudah melayani 1.781 warga Babel di 22 titik," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan, Senin (7/2).

Mobil Sehat ini, jelas Anggi, dilengkapi dengan tenaga medis, obat-obatan ini bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Selain mendapatkan pelayanan kesehatan dasar, masyarakat juga bisa melakukan konsultasi kesehatan. Sasaran pelayanan kesehatan tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak.

Pada tahun ini, lanjut dia, PT Timah Tbk menambah dua unit armada Mobil Sehat PT Timah sehingga bisa semakin maksimal dalam melayani masyarakat hingga ke seluruh wilayah operasional.

"Dengan bertambahnya armada jangkauan pelayanannya juga akan semakin bertambah, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa terlayani untuk mendapatkan kesehatan dasar," jelasnya.

PT Timah Tbk, kata dia akan terus berkomitmen tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, untuk itu perusahaan konsisten menyalurkan CSR dalam berbagai sektor yang dibagi dalam tiga program besar yakni pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, bina lingkungan dan pendanaan usaha mikro kecil.

"Dalam menjalan program CSR, perusahaan mengacu pada konsep Sustainability Development sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitat dan menciptakan nilai tambah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan," tandasnya.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin berharap Mobil Sehat PT Timah Tbk hadir permanen di Belitung Timur sehingga semakin banyak masyarakat yang akan terlayani.

Menurutnya, nantinya Mobil Sehat bisa berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Beltim dalam program 'Yuk Nyelik Pasien' yang merupakan bagian RPJMD Belitung Timur. "Tentunya kita berharap mobil sehat bisa secara permanen ada di Beltim dan tenaga medis bisa berkerja sama dengan tim Dinkes Beltim untuk secara mobile melakukan pelayanan kesehatan di wilayah Beltim khsususnya untuk pasien yang tidak bisa ke Puskesmas," jelas bupati yang karib disapa Aan itu.

Aan mengapresiasi PT Timah Tbk atas dukungan yang diberikan terhadap pelayanan kesehatan, sehingga ada cegah tangkal yang bisa dilakukan secara bersama untuk memonitoring kesehatan masyarakat Beltim secara keseluruhan.

Sama halnya dengan Bupati Bangka Barat, Sukirman yang mengapresiasi kehadiran mobil sehat yang telah membantu warga Bangka Barat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Babel, Hermain mengapresiasi dan mendukung program Mobil Sehat PT Timah Tbk untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Kami mendukung upaya seperti itu, dengan mereka mendatangi tempat terpencil dan mungkin masyarakat ada yang malas, jadi termotivasi mau berobat," kata Hermain, Minggu (6/2/2022).

Diakuinya, Dinkes Provinsi Babel juga pernah melakukan upaya mendekatkan pelayanan serupa pada dua kabupaten di Babel beberapa waktu lalu. Ia menilai mobil sehat yang dilakukan PT Timah sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Kita harapkan kegiatan-kegiatan seperti itu terus berlanjut, namun kita harap PT Timah Tbk untuk melakukan koordinasi dengan dinkes kabupaten atau kota dalam pelaksanaannya agar dapat dipantau oleh dinkes," ungkap Hermain.

Salah satu warga yang dilayani kesehatan gratis, Sabrina (66), Warga Dusun Selindung, Desa Air Putih, Kabupaten Bangka Barat saat mendapatkan pelayanan kesehatan di Mobil Sehat PT Timah Tbk, pada beberapa waktu lalu di Kantor Desa Air Putih.

"Iya tadi saya naik mobilnya, tidak seperti dalam mobil berobatnya. Di dalamnya nyaman, dokternya ramah. Seumur hidup saya, baru ini di berobat di dalam mobil biasanya kan di Puskesmas atau di rumah sakit," cerita Sabrina yang pergi berobat diantar anaknya. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT