03 February 2022, 17:51 WIB

21 Siswa SMAN 3 Sidoarjo Positif Covid-19, PTM Dihentikan


Heri Susetyo |

PEMBELAJARAN tatap muka (PTM) di SMA Negeri 3 Sidoarjo terpaksa dihentikan dan kembali dilakukan secara daring. Ini dilakukan karena ada temuan 21 siswanya positif covid-19.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Ristiwi Peni mengatakan, awalnya ada satu siswa yang terkonfirmasi positif covid-19. Mengetahui ada satu siswa yang positif, Satgas Covid-19 kemudian melakukan tracing.

"Kami bersurat ke puskesmas untuk melakukan rapid antigen terhadap 19 guru dan 149 siswa pada Rabu (2/2). Hasilnya 21 siswa terkonfirmasi positif," kata Ristiwi, Kamis (3/2).

Ristiwi kemudian berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan mengambil keputusan menghentikan PTM. Pihak sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. PJJ diberlakukan sejak 3-7 Februari 2022. 

Siswa yang terkonfirmasi positif diharuskan melakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Seluruh siswa yang terkonfirmasi positif tanpa gejala.

"Rencana siswa yang terkonfirmasi negatif pada 7 Februari tetap akan dilakukan tes rapid antigen kembali. Bila diketahui negatif akan dilakukan PTM secara terbatas," kata Ristiwi.

Baca juga: Angkut Penumpang Jepang-Bali, Pesawat Garuda Langsung Disemprot

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sidoarjo dr Atok Illah mengatakan pihaknya sudah melakukan tracing dan testing. Hal itu juga dilakukan di tiga sekolah setingkat SMA dan satu SD. 

"Total keseluruhan siswa di Sidoarjo berjumlah 32 siswa yang terkonfirmasi positif. Dari jumlah tersebut di tingkat SD ada enam siswa dan SMA sebanyak 26 siswa," kata Atok. (OL-14) 

BERITA TERKAIT