02 February 2022, 22:38 WIB

Presiden Resmikan Tujuh Pelabuhan di Kawasan Danau Toba


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan tujuh pelabuhan sekaligus di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara, Rabu (2/2).

Tujuh pelabuhan tersebut meliputi Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Tigaras di Kabupaten Simalungun, Simanindo di Kabupaten Samosir, Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Muara di Tapanuli Utara dan Tongging di Kabupaten Karo.

"Hari ini tujuh pelabuhan penyeberangan di kawasan wisata Danau Toba sudah selesai dibangun dan siap dioperasikan," ujar Jokowi.

Kepala Negara berharap seluruh infrastruktur transportasi itu bisa memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat setempat dan juga para wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut. "Pelabuhan sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari, menjngkatkan konektivitas antarkecamatan dan kabupaten," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk menyempurnakan kemudahan akses, pemerintah juga meluncurkan empat kapal motor penumpang baru untuk dioperasikan di kawasan Danau Toba. Tiap-tiap kapal itu memiliki kapasitas yang beragam mulai dari 150 hingga 180 penumpang. Dua dari empat kapal itu juga mampu mengangkut belasan mobil.

"Saya melihat yang dibutuhkan bukan hanya pelabuhan, tapi juga kapal. Ini sangat penting karena selama ini masyarakat menggunakan kapal-kapal yang standar keselamatannya kurang bisa diandalkan," ucapnya.

Dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal, Jokowi berharap Danau Toba bisa semakin sempurna dalam menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas di Tanah Air. (OL-8)

BERITA TERKAIT