27 January 2022, 20:43 WIB

12 Kasus Positif Covid-19 Timpa SMA Warga Solo


Widjajadi | Nusantara

SEDIKITNYA 12 kasus positif covid-19 ditemukan di sekolah menengah atas (SMA) Warga, Solo, Jawa Tengah. Hal itu terkuak usai seorang guru yang terlibat kegiatan bersama siswa di Boyolali pada akhir pekan lalu merasa demam dan pusing. Ketika tes PCR keluar pada Senin (24/1), hasilnya positif. 

"Ya dari kegiatan pengambilan gambar (video) di Boyolali, seorang guru mengaku demam dan pusing. Ia kemudian memeriksakan diri dan dites PCR. Hasil pemeriksaan di Puskesmas Purwodiningratan, guru itu positif covid-19," ungkap Kepala Sekolah SMA Warga, Purwoto, Kamis (27/1).

Dinas Kesehatan Kota Solo meminta Puskesmas Purwodiningratan menggelar tracking pada siswa dan guru kontrak erat. Sebanyak 8 siswa, 3 guru, dan 2 tenaga pendidik menjalani tes PCR di RSUD Bung Karno pada Selasa (25/1). 

DKK (Dinas Kesehatan Kota) menyatakan hasil tes PCR keluar pukul 20.30 WIB. Hanya seorang guru yang dinyatakan negatif. Jadi total ada 12 positif covid-19 yakni 2 guru, 2 tenaga pendidik, dan 8 siswa. 

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka memerintahkan selama 14 hari mulai Rabu (26/1) SMA Warga harus ditutup dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). "Jumlah kasus 12 positif itu banyak, tanya Bu Ning (Kepala Dinkes)," ujar Gibran kepada wartawan Kamis (27/1).

Baca juga: Siswa Positif Covid-19, Dua Sekolah di Klaten Ditutup Sementara

Dinkes Kota juga meminta 225 siswa, guru, dan tenaga administrasi SMA 4 juga dilakukan tes massal PCR. Ini terutama untuk kelas X dan XI yang memiliki kontak erat dengan mereka yang sudah dinyatakan positif. (OL-14)

BERITA TERKAIT