26 January 2022, 12:05 WIB

Bantu Masyarakat, Babel Akan OP Minyak Goreng


 Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK membantu masyarakat mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau. Pemerintah Provinsi Babel akan melaksanakan Operasi Pasar (OP).

Gubernur Babel. Erzaldi Rosman mengatakan di tengah masih mahalnya harga minyak goreng di pasar tradisional OP harus dilaksanakan. ''Secepatnya kita akan operasi pasar. Kasihan masyarakat, karena minyak goreng masih mahal di  pasar tradisional,'' kata Gubernur Erzaldi, Rabu (26/1).

Menurut Gubernur Erzaldi, kebijakan satu harga minyak goreng Rp14 ribu hanya ada  di beberapa ritel modern seperti transmart, alfamart, hypermart, dan  indomart. ''Selain di 4 ritel itu, minyak goreng masih dijual di atas Rp19 ribu  per liter,'' terangnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya OP nanti masyarakat dapat membeli minyak goreng dengan harga yang murah. ''Kita mengerti kenapa pedagang tradisional belum menurunkan harga,  karena harga yang mereka beli masih tinggi. Sehingga jika di turunkan  akan merugi, jadi kita tidak memberikan sanksi,'' ujarnya.

Ia menambahkan dalam OP nanti masyarakat pun  akan dibatasi pembeliannya. Agar tidak terjadi pemborongan secara berlebihan.

Selain minyak goreng, dia pun berencana mendatangan ayam dari Sumatera Selatan agar harga ayam dapat kembali stabil. ''Harga daging ayam kita juga mahal. Kalau PT yang menampung ayam tidak mau menurunkan dengan berbagai alasan. Kita akan minta pasokan ayam dari  Sumsel,''  tegasnya. (RF/OL-10)

BERITA TERKAIT