26 January 2022, 17:10 WIB

Kasus Covid di Belitung Naik Jelang Imlek


Ant | Nusantara

DINAS Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat kenaikan jumlah kasus COVID-19 di daerah itu menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573 mencapai 22 kasus aktif.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono mengatakan naiknya kasus COVID-19 di daerah itu dikarenakan tingginya pergerakan masyarakat menjelang Tahun Baru Imlek 2022.

"Kasus aktif COVID-19 saat ini rata-rata merupakan klaster perjalanan dari luar daerah," katanya, Rabu (26/1).

Menurut dia, sampai saat ini total kasus COVID-19 di daerah itu sejak Maret 2020 mencapai 7.808 orang, sembuh 7.553 orang dan meninggal dunia sebanyak 233 orang.

"Maka kasus aktif COVID-19 di Belitung saat ini tercatat sebanyak 22 orang," katanya.

Ia mengatakan, dari 22 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, satu orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono Belitung dan 21 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinkes setempat. "Hari ini dilaporkan penambahan sebanyak satu pasien COVID-19," ujarnya.

Joko menambahkan, sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19 yang semakin meluas pihaknya mengintensifkan penelusuran dan pelacakan kasus. "Pihak RSUD juga melakukan pemeriksaan guna mengantisipasi munculnya varian Omicron dengan pemeriksaan PCR dan mengirimkan sejumlah sampel," katanya

Ia mengimbau, masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan mengingat saat ini situasi pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kami berharap protokol kesehatan tetap dijalankan karena pandemi belum berakhir dan situasi saat ini masih naik turun dan sangat cepat sekali berubah," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT