25 January 2022, 21:55 WIB

Pemkab Simalungun Mulai Luncurkan Vaksinasi Booster


Apul Iskandar | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Simalungun meluncurkan vaksinasi booster dosis 3 di Halaman Kantor Satuan Tugas (Satgas (Covid-19) Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (25/1).

Peluncuran vaksinasi booster tersebut menyasar petugas vaksinator dari beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Simalungun. Seperti Puskesmas Batu 6, Puskesmas Silau Malahan, dan Puskesmas Rambung Merah dengan menyediakan 600 dosis. Selain melayani vaksinasi booster, juga melayani vaksin dosis pertama dan dosis kedua bagi yang belum mendapatkannya.

''Hari ini kita dari Satgas Covid-19 yang dihadiri oleh unsur ketua dan Forkopimda melaksanakan launching vaksin booster atau dosis ketiga vaksinasi di Kabupaten Simalungun. Ini kita lakukan karena sesuai dengan aturan bahwa pelaksanaan dosis pertama sudah diatas 70 %, kemudian dosis kedua sudah diatas 50%,'' kata Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi.

Zonny menjelaskan vaksinasi booster dosis ketiga tersebut ditujukan bagi usia 18 tahun ke atas yang sudah mendapat layanan dosis kedua minimal 6 bulan setelah vaksin. ''Tujuan dari vaksin booster yaitu untuk meningkatkan dan menguatkan vaksinasi-vaksinasi sebelumnya,'' jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Zonny mengapresiasi seluruh jajaran Satgas Covid-19 Kabupaten Simalungun Zonny atas kerja sama antara vaksinator dengan tiga pilar yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, TNI dan Polri. Ketiganya dinilai telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga pada akhir Desember 2021 lalu Kabupaten Simalungun mencapai target vaksinasi dosis pertama sebanyak 70%.

''Saat ini ini kita sudah berada di angka 81,91% untuk dosis 1 dari target sasaran vaksin 788.362 orang di Kabupaten Simalungun,'' ujarnya.

Sementara terkait vaksinasi anak, Zonny menargetkan vaksinasi anak di Kabupaten Simalungun sebanyak 100.318 orang dan telah tervaksin sebanyak 87%. "Kita berharap dalam waktu dekat vaksinasi untuk anak ini sudah dapat dicapai. Dengan suksesnya vaksinasi di Simalungun akan meningkatkan kekebalan tubuh kolektif kita, sehingga kehidupan bermasyarakat dapat berjalan normal kembali. Untuk itu walaupun kita sudah melaksanakan vaksinasi baik D1, D2 maupun booster, yang namanya prokes tetaplah dilaksanakan di era kehidupan yang baru saat ini,'' tandasnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT