23 January 2022, 09:10 WIB

Vaksinasi Covid 19 Anak di Kalsel Sasar 10 Daerah


Denny S | Nusantara

PROGRAM vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Provinsi Kalimantan Selatan akan menyasar 10 kabupaten/kota meliputi Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Bumbu, Tapin, Tanah Laut, Kotabaru, Banjar, Barito Kuala dan Kota Banjarbaru.

Program vaksinasi Covkd 19 untuk anak ini seiring terbitnya Instruksi Presiden, Keputusan Menteri Kesehatan dan rekomendasi dari Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITG), beberapa waktu lalu. Di Kalsel sebanyak 112 ribu vial vaksi  untuk anak usia 6-11 tahun telah diserahkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor kepada perwakilan pemerintah Kabupaten/Kota.

''Pelaksanaan vaksinasi bagi anak bisa dilakukan jika hasil capaian vaksinasi sebelumnya dengan cakupan 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama. Kemudian, cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai 60%,'' ucap Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berharap pemerintah daerah yang telah menerima vaksin untuk anak segera melaksanakan vaksinasi. Vaksinasi anak bertujuan untuk mendukung keamanan dan keselamatan agar bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muslim mengatakan, kedatangan vaksin untuk dilakukan secara bertahap. Menurutnya percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun memerlukan 440 ribu vaksin Sinovac.

Sementara, anggota Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) Kalsel Anang Rosadi Adenansi, Minggu (23/1) mengingatkan agar tidak ada pemaksaan jika anak tak mau divaksin. Anang Rosadi mengungkapkan beberapa kasus vaksinasi terhadap anak yang justru mengakibatkan meninggal dunia seperti terjadi di Jombang, Bone dan daerah lainnya. (DY/OL-10)

 

BERITA TERKAIT