23 January 2022, 15:35 WIB

Kembangkan Wisata Sekanak Lambidaro, Herman Deru dan Ganjar Gelar Aksi Gotong Royong


Dwi Apriani | Nusantara

TIGA kepala daerah yakni Wali Kota Palembang Harnojoyo, Gubernur Sumsel Herman Deru, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkumpul di kawasan wisata air Sekanak Lambidaro Palembang, Minggu (23/1). Mereka memulai kegiatan dengan bersepeda santai, dan dilanjutkan dengan gotong-royong membersihkan sekitar kawasan wisata tersebut.

Ganjar dan Herman Deru pun mengecat tepi sungai menjadi lebih indah. Ganjar juga diajak menaiki perahu kecil dan menyapa masyarakat yang antusias atas kedatangannya di kawasan wisata baru itu.

Ganjar mengatakan, dirinya mengapresiasi semangat masyarakat Palembang yang mau bergotong royong membersihkan sungai Sekanak. Sebab, gotong royong yang dilakukan sejak 2015 itu kini membuahkan hasil.

"Ini contoh keren, masyarakat masih memegang tradisi gotong royong untuk membersihkan sungai. Sekarang sungainya sudah bersih, dan jadi tempat wisata. Kita harus belajar dari masyarakat Palembang," kata Ganjar.

Di Jateng, lanjut dia, juga sedang digenjot untuk menumbuhkan budaya bersih-bersih sungai. Ada komunitas Sekolah Sungai yang sudah berjalan dan hasilnya cukup memuaskan.

"Kami juga pernah menggelar kongres sampah untuk mengajak masyarakat bisa mengelola sampah dengan baik. Yang seperti di Palembang ini bisa kita contoh, bagaimana gotong royong masyarakat dan kesadaran akan lingkungan tumbuh dengan baik," jelasnya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyambut baik kedatangan Ganjar ke Palembang. Apalagi, Ganjar mau ikut terlibat bersama masyarakat gotong royong membersihkan sungai.

"Terimakasih pak Ganjar yang sudah mengunjungi kota kami. Mudah-mudahan sering ke Palembang, biar semangat gotong royong di masyarakat kami semakin bertambah," ucapnya.

Ia pun mengusulkan agar nantinya Sungai Sekanak Lambidaro tersebut dijadikan tempat edukasi dalam mengelola sungai. "Saya juga usul, ini juga harus dibuat sebagai tempat edukasi pengelolaan sungai sehingga Palembang akan semakin baik," pungkasnya.

Ganjar Pranowo mengunjungi Palembang usai melakukan kunjungan ke Lampung. Di Palembang, Ganjar akan menghadiri sejumlah acara diantaranya melantik pengurus daerah Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Selatan, mengunjungi KKN UGM di Sungsang, Banyuasin dan sejumlah kegiatan lainnya.

Sementara itu, Herman Deru menjelaskan, kawasan Sekanak Lambidaro menjadi potensi besar daya tarik kunjungan wisatawan di Palembang.

"Ini cara saya dan pak Ganjar mengajak Walikota dan berbagai pihak untuk melihat potensi yang ada di daerahnya. Jadi hal yang baik yang ada di daerah lain bisa kita tiru. Begitu juga sebaliknya," kata Herman Deru.

Terkait Sungai Sekanak Lambidaro, dia menyebut dalam waktu dekat akan segera dilakukan uji coba untuk angkutan air. "Rencananya tanggal 29 Januari ini akan kita lakukan uji coba untuk sarana transportasi. Setelah dilakukan restorasi ini tentu sungai ini sudah layak untuk digunakan kembali," tuturnya.

Sebab itulah, dia mengajak masyarakat untuk tidak lagi mengotori sungai sehingga dapat membawa manfaat di berbagai sektor. "Yang harus terus kita perbaiki adalah kecintaan kita terhadap lingkungan. Jangan lagi mengotori sungai, agar bisa terus kita manfaatkan," ujarnya. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT