23 January 2022, 18:25 WIB

1.300 Mahasiswa Universitas Palangka Raya Dibantu KIP Kuliah Jokowi


Mediaindonesia.com | Nusantara

PROGRAM Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai dapat membangkitkan semangat generasi muda meraih pendidikan tinggi. Soalnya, KIP Kuliah menawarkan bantuan uang kuliah hingga biaya hidup yang lebih besar.

Seperti yang disampaikan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah, Dr. Andrie Elia. Ia mengungkapkan di kampusnya terdapat sekitar 1.300 mahasiswa merupakan penerima manfaat KIP Kuliah. 

Menurut Dr. Andrie Elia, program tersebut sangat bermanfaat lantaran terbukti membantu meringankan biaya kuliah mahasiswa. Itu membuat setiap anak yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa merasakan bangku kuliah. "Pemerintah dan presiden tidak ingin ada anak-anak tidak bisa kuliah karena tidak punya biaya," kata Dr. Andrie Elia.

Ia menambahkan di era pemerintahan Jokowi beragam kemudahan bisa dirasakan banyak masyarakat termasuk bagi mahasiswa. Potret yang ia rasakan sejak Jokowi menjadi Presiden. 

Bukan tanpa alasan ia mengatakan demikian. Pasalnya sekarang masih ada masyarakat tidak mampu mengenyam pendidikan karena persoalan biaya. Apalagi jika sudah beranjak masuk ke jenjeng perkuliahan. "Tidak semua masyarakat Indonesia mampu masuk ke perguruan tinggi," imbuh Dr. Andrie Elia.

Baca juga: Dibantu Kodam Udayana, Warga Desa Pana NTT Dapat Nikmati Air Bersih

Oleh karena itu, dia menilai KIP Kuliah juga akan berdampak positif terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dia pun berharap kartu-kartu ini bisa lebih berkelanjutan agar makin banyak masyarakat yang menerima manfaatnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT