22 January 2022, 17:35 WIB

Kemenpora Akan Bangun TC NPC di Karanganyar


Widjajadi | Nusantara

PEMERINTAH akan membangun Training Camp (TC) untuk atlet-atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia di Kawasan Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Kelurahan Delingan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal tersebut ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sebagai bentuk perhatian Presiden Jokowi kepada NPC dan atlet-atlet yang membawa nama harum Indonesia di kejuaraan  Paralimpiade.

''Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia sangat berbangga atas prestasi atlet-atlet hasil binaan NPC, khususnya di Paralimpiade Tokyo, Jepang," tegas Zainudin Amali di Karanganyar, Sabtu (22/1) saat meninjau lokasi bumi perkemahan Delingan yang akan menjadi lokasi Training Camp NPC.

Menpora berharap, pelaksanaan pembangunan diharapkan bisa selesai sebelum kontingen NPC Indonesia berangkat ke Paralimpiade Paris 2024. "Kita berharap, atlet atlet NPC nantinya berangkat ke Paralimpiade Paris dari sini," sergah Zainudin.

Di depan Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun dan Bupati Karanganyar Juliyatmono, Menpora menegaskan Training Camp NPC yang berdiri di atas lahan 5 hektare di Delingan, Karanganyar akan menjadi tempat tinggal, latihan, hingga sekolah untuk para atlet NPC.

"TC di Karanganyar ini mencontoh TC Korea, sementara yang non-disabilitas yang dibangun di Cibubur mencontoh Jepang. Mudah-mudahan usai koordinasi dengan Menteri PUPR, pelaksanaan bisa dimulai tahun ini," katanya.

Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun sangat berterimakasih, bahwa pemerintah akan membangunkan TC NPC di Karanganyar. "Training Camp untuk atlet NPC ini dipastikan akan memompa semangat para atlet untuk lebih berprestasi," kata Senny.

Dia memaparkan, Training Camp NPC di Karanganyar nantinya memiliki kapasitas mencapai 2.000 atlet, dengan 13 cabang olahraga hasil selekda dan seleknas. "Penjaringan atlet akan lebih bagus dan monitoring bisa lebih maksimal. Kita bisa mengetahui sejauh mana perkembangan atlet. Tentunya, prestasi atlet harus lebih baik," tukas Senny.

Sementara Bupati Karanganyar Juliyatmono menyambut suka cita, bahwa Karanganyar dipercaya untuk keberadaan TC NPC. "Kami mendukung sepenuhnya pembangunan TC NPC di Karanganyar dan semoga prestasi atlet menjadi lebih meningkat," papar Juliyatmono. (WJ/OL-10)
 ><br>
 >

caption : Menpora Zainudin Amali didampingi Ketua Umum NPC SAENJY Marbun dan Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau lokasi pembangunan TC NPC di Delingan. (MI/Widjajadi)

BERITA TERKAIT