20 January 2022, 22:20 WIB

Menteri Kesehatan Resmikan Pabrik Alat Kesehatan di Purwakarta


Reza Sunarya | Nusantara

 

Menteri Kesehatan  Budi Gunadi Sadikin meresmian pabrik milik PT Standard Biosensor di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (20/1).

Pabrik ini memproduksi alat kesehatan, rеаgеn dan kіt dіаgnоѕtіk PCR, Rаріd Tеѕt serta POCT untuk kebutuhan rumаh sakit, klіnіk dan lаbоrаtоrіum.

Menteri Kesehatan, mengatakan,  dselain persoalan vaksinasi mengatasi pandemi, dirinya juga diminta Presiden Joko Widodo  melakukan transformasi di sektor kesehatan. Sehingga jika terjadi bencana atau pandemi kembali, Indonesia sudah siap.

 Salah satu transformasi sektor Kesehatan tersebut ialah dengan dibangunnya  PT Standard Biosensor.  “Untuk memproduksi alat kesehatan maupun obat-obatan,kita sudah melakukan pendekatan ke banyak perusahaan-perusahaan dunia dan bersyukur bisa membangun pabriknya di Indonesia " ujar Budi Gunadi.

Dia menuturkan ketika membutuhkan obat, tapi tidak bisa mendapatkannya, itu bukan sekadar karena masalah tidak ada uang. Di masa pandemi ini, semua negara menutup diri, sehingga tidak bisa melakukan kegiatan ekspor.

“Belajar dari pengalaman itu, kita minta agar pabriknya dibangun di Indonesia.   Terima kasih Biosensor  segera merespon dan membangun pabrik  di Indonesia " tambahny.

Budi juga mengaku sudah meminta supaya perusahaan tersebut memperluas alat testing yang diproduksi. Tidak hanya untuk covid-19, tapi juga testing untuk malaria, hepatitis, serta penyakit tidak menular lainnya.

Pada kesempatan yang sama,  Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, dengan adanya pabrik yang menyediakan alat kesehatan di wilayah Kabupaten Purwakarta diharapkan dapat memudahkan masyarakat Purwakarta untuk mendapatkan alat kesehatan, tanpa harus impor dari luar negeri.

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas peresmian pabrik ini. Diharapkan perusahaan ini dapat mendukung untuk percepatan penanganan covid-19, khususnya di Kabupaten Purwakarta karena Purwakarta terpilih sebagai salah satu tempat pengembangan perusahaan yang berasal dari Korea ini," kata Anne. (N-2)

BERITA TERKAIT