19 January 2022, 17:10 WIB

Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berpotensi Banjir


Dwi Apriani | Nusantara

AKIBAT hujan deras yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini membuat sejumlah kawasan di Musi Rawas Utara (Muratara) berpotensi banjir. Apalagi BMKG memprediksi intensitas hujan akan tetap berlangsung selama beberapa hari ke depan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara, Zainal Arifin mengatakan, potensi banjir di beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Rawas Ilir, Karang Dapo dan Kecamatan Rupit.

''Saat ini hujan lebat disertai petir kilat dan angin kencang sedang terjadi di Muratara, dan diprediksi akan terus berlangsung beberapa waktu ke depan,''  jelasnya, Rabu (19/1/2022).

Ia mengatakan, dari data tahun yang sudah sudah hujan yang berakibat banjir bandang berdampak pada tiga kecamatan, Kecamatan Rawas Ilir, Kecamatan Karang Dapo, dan Kecamatan Rupit.

''Banjir terakhir di Muratara ini terjadi di bulan Oktober kemarin. Ada 18 desa, satu sekolahan, dua rumah ibadah, 1.733 hektar sawah yang terdampak banjir. Sementara jumlah KK-nya ada 2.300 yang terdampak banjir,'' katanya.

Sebagai upaya antisipasi, pihaknya mengikuti rapat bersama Bupati Muratara dan forkopimda di Muratara sudah melakukan rapat koordinasi untuk antisipasi bencana alam Kabupaten Muratara tersebut.

BPBD Muratara juga sudah mempersiapkan tim TRC, perahu karet, tenda pengungsi kapasitas 100 orang dan satu unit mobil dapur. ''Warga tetap diimbau waspada. Dikhawatirkan jika ada hujan deras akan menyebabkan banjir besar. Mudahan hanya prediksi dan tidak ada banjir besar di Muratara,'' pungkasnya. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT