19 January 2022, 16:55 WIB

Polda Sumsel Ingatkan Antisipasi Omicron dengan Jaga Prokes


Dwi Apriani | Nusantara

KASUS Omicron saat ini menyebar luas di Tanah Air. Meski belum terdeteksi di Sumatra Selatan, namun Kepolisian Daerah Sumatra Selatan meminta masyarakat untuk mengantisipasi Omicron dengan mencegah penyebaran virus korona varian baru itu.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, pihaknya selalu aktif mengingatkan kepada masyarakat untuk bisa mengantisipasi Covid-19 apapun variannya. ''Semua jajaran kepolisian di wilayah Sumsel selalu rutin turun ke lapangan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar dapat mencegah menyebarnya virus korona ataupun Omicron,'' jelasnya, Rabu (19/1/2022).

Ia mengatakan, pihaknya pun membantu pemerintah dalam menggencarkan vaksinasi dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Karenanya, pihaknya terus mengajak dan mengingatkan kepada masyarakat untuk ikut vaksin. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis dua dan telah melewati waktu enam bulan, untuk segera mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster.

''Dengan dilakukannya booster hal itu akan kembali meningkatkan imunitas seseorang terhadap virus Covid-19. Sehingga penyebaran Omicron dapat dicegah,'' jelasnya.

Supriadi juga mengingatkan pentingnya kedisiplinan serta penguatan penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dalam menjalankan aktivitas. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak.

''Akselerasi vaksinasi dan penguatan prokes, sebagai upaya untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron. Paling utama walaupun sudah vaksin tetap jaga prokes. Pakai masker terus jangan lupa. Cuci tangan jangan lupa dan selalu memastikan kita laksanakan cek rutin bila perlu swab antigen satu minggu sekali atau PCR. Itu menjadi kebiasaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa kita dalam kondisi sehat,'' pungkasnya. (DW/OL-10)
 

BERITA TERKAIT