19 January 2022, 16:20 WIB

Sungai Rejoso Meluap, Ribuan Rumah di Pasuruan Terendam


Faishol Taselan |

LUAPAN Sungai Rejoso menyebabkan ribuan rumah di wilayah Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, banjir. Ketinggian banjir yang menggenangi permukiman di kecamatan tersebut bervariasi, mulai setinggi lutut hingga dada orang dewasa. 

Selain menggenangi rumah warga juga menggenangi jalan nasional yang menghubungkan Surabaya-Probolinggo-Banyuwangi dan arah sebaliknya mencapai 50 sentimeter. "Arus lalu lintas terpaksa dialihkan ke jalur alternatif karena ketinggian air sangat tinggi," kata Staf Dinas Perhubungan Kota Pasuruan Yulianto di Surabaya, Rabu (19/1).

Untuk mengantisipasi agar kemacetan tidak semakin panjang, pihaknya mengaku menerapkan pengaturan lalu lintas secara bergantian oleh petugas UPT P3 LLAJ Prov Dishub Jatim bersama petugas Polres Pasuruan kota. Luapan sungai Rejoso diakibatkan hujan deras hampir satu jam di wilayah Pasuruan. 

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan di Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, banjir yang melanda wilayah itu memiliki ketinggian bervariasi antara 40 sentimeter sampai dengan 1,5 meter. Di Kecamatan Grati, ada tujuh desa yang banjir yakni Kewadung Kulon, Kedawung Wetan, Trewung, Plososari, hingga Kalipang.

Baca juga: Transasia Minerals Ltd Berencana Bangun Smelter Nikel di Indonesia

Di Kecamatan Winongan, banjir terjadi di Desa Winongan Lor, Winongan Kidul, Prodo dan Bandaran. Sedangkan di Kecamatan Rejoso, banjir terjadi di Desa Toyaning, Sadengrejo, dan Patuguran. (OL-14)

BERITA TERKAIT