18 January 2022, 17:51 WIB

Bencana Hidrometeorologi Ancam Empat Wilayah di Selatan Jateng


Lilik Darmawan | Nusantara

DALAM dua hari mendatang, empat kabupaten di wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan terancam bencana hidrometeorologi. Pasalnya, berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, ada potensi hujan deras di Jateng selatan.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa hingga Rabu (19/1) besok, ada potensi hujan deras di empat kabupaten yakni Cilacap, Banyumas, Kebumen dan Banjarnegara.

"Di Cilacap, ada tiga kecamatan yang harus diwaspadai yaitu Dayeuhluhur, Majenang dan Cimanggu. Sedangkan di Banyumas adalah Tambak dan Sumpiuh. Kemudian di Kebumen paling banyak, ada 18 kecamatan dan di Banjarnegara ada satu kecamatan," jelas Rendi, Selasa (18/1).

Dijelaskan Rendi, pihaknya meminta kepada pemerintah di empat kabupaten tersebut  untuk waspada. Sebab, hujan deras yang kadang disertai petir dan angin kencang bisa berpotensi memicu bencana.

"Ada ancaman bencana alam yang dipicu oleh hujan lebat di antaranya adalah banjir, tanah longsor dan angin kencang," jelas Rendi. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT