15 January 2022, 17:59 WIB

Komunitas UMKM Binaan Airlangga Hartarto, Borong Dagangan Kaki Lima di Solo


mediaindonesia.com | Nusantara

KOMUNITAS binaan Airlangga Hartarto, UMKM usAHA, melanjutkan rangkaian UMKM usAHA On The Road di Kota Surakarta. Mereka menyambangi dan memborong dagangan pedagang kaki lima di Taman Lansia, Jebres dan Jalan Demangan, Sangkrah.

Para pedagang di Taman Lansia, Jebres, bersemangat ketika tahu dagangannya akan diborong.

Gigih Wahyu Djatmiko, 32, pedagang mie ayam dan bakso, mengaku dirinya tak menyangka dagangannya akan diborong. Ia sempat tak percaya dan bertanya-tanya kepada tim UMKM usAHA. 

"Saya kaget waktu ada orang datengin saya. Awalnya dia ya mesen biasa, makan. Terus tiba-tiba ngomong katanya dagangan saya mau diborong, ya saya kaget dan bingung, saya tanya, ini maksudnya diborong gimana gitu kan," tutur Gigih, di sela-sela kegiatan usAHA Borong Usaha Kota Solo, pada katerangan pers, Sabtu (15/1). 

"Dia bilangnya dari tim UMKM usAHA-nya Pak Airlangga Hartarto, ternyata ya beneran diborong dagangan saya saat itu juga," jelas Gigih.

Ayah dari satu anak itu menceritakan, dirinya baru berjualan mie ayam selama tiga bulan, setelah sebelumnya dirumahkan dari perusahaan tempatnya bekerja.

Gigih mengaku, selama tiga bulan berjualan, belum pernah ada yang memborong dagangannya. Ia pun tak menyangka, dagangannya diborong oleh tokoh penting Indonesia.

"Saya senang sekali dan gak nyangka juga, kayak mimpi. Saya kagetlah, dari sekian banyak kemungkinan orang yang ngeborong, ternyata yang borong dagangan saya itu tokoh penting, bapak menteri," kata Gigih. 

"Untuk Pak Airlangga, terima kasih kelompok binaannya sudah borong dagangan saya dan pelaku UMKM lainnya. Semoga untuk selanjutnya, program-programnya dilanjutkan terus, biar kita juga merasakan berkahnya," ungkap Gigih. 

Koordinator UMKM usAHA Kota Solo, Yuhan Perdana (32), menjelaskan kegiatan usAHA Borong Usaha dilakukan di dua titik di Kota Solo. Titik pertama di Taman Lansia-Jebres dan di Jl. Demangan, Sangkrah.

Selain kegiatan usAHA Borong usaha. UMKM usAHA di Kota Solo sebelumnya telah mengadakan pelatihan wirausaha secara online, dan membentuk komunitas yang jumlahnya saat ini ada 255 UMKM. 

Oktober 2021 lalu, beberapa perwakilan anggota komunitas UMKM usAHA Kota Solo sempat bertemu dan berbincang dengan Airlangga Hartarto secara langsung.

"Kalau Oktober tahun lalu, Pak Airlangga kebetulan ada kunjungan ke Solo dan Klaten,  jadi kita undang ke acara kita, sambil membantu beberapa UMKM yg sedang kesusahan lewat program usaha bantu usaha," imbuh Yuhan.

Yuhan berharap program UMKM usAHA yang digelar di Solo dapat mensupport UMKM yang mengalami kendala dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT