15 January 2022, 07:15 WIB

Partai NasDem Salurkan Bantuan Korban Banjir Tujuh Kabupaten di Aceh


Amiruddin Abdullah R | Nusantara

AKTIVIS Partai Nasdem salurkan bantuan tanggap darurat untuk korban banjir di berbagai kabupaten/kota dalam kawasan Provinsi Aceh. Rombongan yang turun langsung melihat kondisi korban banjir Aceh yang terjadi dua pekan terakhir. Rombongan yang dipimpin Ketua DPW Nasdem Aceh, Teuku Taufiqulhadi juga membawa bantuan bahan pokok. .

Sedikitnya ada tujuh lokasi banjir yang mereka jangkau. Tujuannya yaitu menyalurkan bahan makanan pokok, obat-obatan, popok bayi, kain sarung dan lainnya. Lokasi sasaran bantuan itu antara lain adalah Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Kota Lhokseumawe, dan Kota Langsa.

Selain membawa bantuan bahan pokok dan keperluan wanita/anak-anak, rombongan NasDem juga melakukan pemulihan trauma (trauma hesling) terhadap korban terdampak bencana di lokasi banjir.

"Itu adalah rasa kepedulian atau rasa kemanusiaan dari kami untuk sesama anak bangsa. Walau kemampuan personel kami sangat terbatas, tapi kami bersyukur berbagai bantuan itu telah menembus pelosok pedalaman Aceh untuk mengantar langsung ke tangan korban banjir" tutur Taufiqulhadi, yang baru keluar dari lokasi banjir Aceh Utara, saat dihubungi Media Indonesi, Jumat (14/1/2022).

Taufiqulhadi, mengaku ada keinginan untuk lebih banyak lagi menolong para korban banjir. Apalagi mereka sudah sudah dua pekan dikepung banjir. Air yang naik surut terjadi berulang kali, sehjngga ribuan orang tidak bisa beraktivitas mencari nafkah dan anak harus libur sekolah. Ditambah lagi sebagian korban itu makan tidak teratur sampai menimbulkan penyakit pasca banjir seperti gatal dan diare.

Terkait ini, Budayawan Aceh, Muhammad Adli Abdullah, kepada Media Indonesia mengatakan, terlepas dari berbagai sudut pandang, aksi kemanusiaan Partai Nasdem suatu hal sangat positif.  

Menurut Dosen Universitas Syiahkuala itu, kepedulian Surys Paloh melalui Partai Nasdem atau dengan cara membentuk Yayasan Sukma Bangsa tidak asing bagi masyarakat di Serambi Mekkah dan sekitarnya.

NasDem, jelas dia, bukan saja menyumbang korban banjir di Aceh, tapi mereka belum lama ini juga terjun di garis depan untuk membangun dapur umum, mendirikan posko darurat dan mengevakuasi korban bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur.

"Pak Surya Paloh tidak enggan melibat relawan partainya dan bekerja sama dengan Yayasan Sukma Bangsa menggalang dana untuk dimana saja kawasan terdampak berncana seperti membantu korban gempa bumi di Pidie Jaya 7 Desember 2016, membangun sekolah Sukma untuk anak korban tsunami  28 September 2018 di Palu, Sigi dan Donggala, Povinsi Sulawesi Tengah. Bahkan jauh sebelum itu sangat berjasa saat rehab rekon tsunsmi Aceh 26 Desember 2004," jelas Adli Abdullah. (OL-13)

Baca Juga: Jabar Quick Response Bangun Jembatan Gantung Untuk Warga Ciamis

 

BERITA TERKAIT