12 January 2022, 15:00 WIB

Ratusan Rumah di Bandung Barat Rusak Diterjang Hujan Deras disertai Angin Kencang


Depi Gunawan | Nusantara

LEBIH dari 200 rumah di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat rusak akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Selasa (11/1) sore.

Kerusakan rumah berada di tiga desa di antaranya Desa Kertamukti, Kampung Ciparang Desa Citata, dan Kampung Sukamanah Desa Cipatat. Tingkat kerusakan bervariasi mulai dari rusak berat, sedang dan ringan.

"Hasil pendataan BPBD, tercatat ada 219 rumah yang mengalami kerusakan. Masing-masing 23 rusak berat, satu rusak sedang dan 195 rumah rusak ringan," ungkap Kepala BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo, Rabu (12/1).

Selain merusak rumah, angin kencang juga memutuskan jaringan listrik dan telepon akibat tertimpa pohon. Setelah diterima laporan, BPBD bersama kepolisian, TNI dibantu unsur lainnya mengevakuasi pohon-pohon tumbang serta melakukan pembersihan material dan rumah warga yang terdampak.

Sebab dampak dari peristiwa tersebut juga mengakibatkan arus lalu lintas kendaraan menjadi terganggu akibat terhalang batang pohon di tengah jalan. "Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB, hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang menimpa jalan, rumah warga serta kabel listrik dan kabel telpon," tuturnya.

Dia memastikan tidak ada korban luka dan jiwa dalam peristiwa itu, dan hanya menimbulkan kerugian materi terutama ratusan rumah warga yang terdampak.

"Rata-rata kerusakan rumah di bagian atap genting karena tersapu angin," jelasnya. (DG/OL-10)

BERITA TERKAIT