12 January 2022, 11:50 WIB

Kota Semarang Sudah Memulai Vaksinasi Booster


Akhmad Safuan | Nusantara

VAKSINASI booster sudah dimulai di Kota Semarang, tahap pertama dilakukan untuk lansia usia 60-70 tahun dengan dan ditargetkan sebanyak 250 ribu sasaran.

Pemantauan Media Indonesia Rabu (12/1) puluhan puskesmas dan beberapa rumah sakit di  Kota Semarang telah memulai vaksinasi booster (vaksin ketiga) hari ini, ratusan warga lansia sejak pagi telah menunggu dan beberapa diantar anggota keluarga antre dengan sabar menunggu disuntik vaksin covid-19.

Para lansia terlihat cukup siap melakukan vaksinasi booster ini, meskipun beberapa di antaranya dijemput petugas karena belum mengetahui pelaksanaannya. ''Saya siap disuntik vaksin lagi, tidak apa-apa yang penting sehat,'' ujar Suminah, 66, warga yang ikut vaksinasi booster di Puskesmas Bugangan, Kota Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan vaksinasi booster sudah dimulai saat ini, pada tahap awal dengan target 350 ribu sasaran bagi lansia di atas 60 tahun yang telah melaksanakan vaksinasi covid-19 kedua lebih dari enam bulan.

Untuk pelaksanaan vaksinasi booster ini, lanjut Abdul Hakam, telah disiapkan 37 puskesmas yang ada berikut beberapa rumah sakit seperti RS Telogorejo, RS Panti Wilasa, RSUD Wongsonegoro dan Poltekkes. ''Kami sendiri rencana akan lakukan vaksinasi di Mall Tentrem,'' tambahnya.

Meskipun untuk mencapai target jumlah stok vaksin terbatas, demikian Abdul Hakam, namun untuk vaksinasi booster ini sudah dapat dimulai menggunakan vaksin yang ada. ''Kita jalan sambil menunggu alokasi vaksin dari Provinsi Jawa Tengah,'' tambahnya. (AS/OL-10)

BERITA TERKAIT