12 January 2022, 15:50 WIB

Dinas Kesehatan Kalteng Persilahkan Daerah Lakukan Vaksinasi Booster


Surya Sriyanti | Nusantara

KEPALA Dinas Kesehatan Kalteng dr. Suyuti Syamsul mengatakan kabupaten-kota yang telah memenuhi syarat pihaknya  persilahkan vaksin boster mulai hari ini, Rabu (12/1).

''Untuk Kabupaten dan Kota yang belum memenuhi syarat, hanya boleh memberikan vaksinasi booster bagi lansia,'' kata Suyuti ketika dihubungi, Rabu (12/1).

Karena lansia, kata Suyuti, merupakan peserta yang sangat rentan dan harus diprioritaskan setelah itu baru umum yang memenuhi syarat vaksin ketiga. ''Hingga hari ini kami belum menerima laporan apakah sudah ada kabupaten/kota yang melaksanakan. Kemungkinan besok, (Kamis, 13/1) mungkin sudah ada laporan dari daerah,'' tuturnya.

Dijelaskan Suyuti, masyarakat bisa mengetahui dirinya bisa mendapatkan vaksin booster atau vaksin ke tiga dengan melihat aplikasi Pedulilindungi. ''Vaksinasi ketiga sudah bisa didapat tiketnya dengan cara sebagai berikut. Buka aplikasi PeduliLindungi, klik 'nama kita' yang terletak di atas, tekan 'Vaccinations history and tickets'. Nanti tampak Vaksinasi-1, Vaksinasi-2, dan Vaksinasi-3 kita,'' ujarnya.

Pada Vaksinasi-3 ada nomor tiket kita, tekan 'Save image' untuk tiket V-3. Image (foto hasil screenshot) akan tersimpan dan bisa dilihat di Gallery Hp kita.

Dan cek aplikasi PeduliLindungi secara berkala untuk melihat kapan dan di mana kita akan mendapat vaksinasi ketiga tersebut. ''Bawa dan tunjukkan foto tiket V-3 kita pada waktu kita mendaftar di tempat vaksinasi yang ditunjuk.Semoga bermanfaat,'' pungkas Suyuti. (SS/OL-10)

BERITA TERKAIT