14 January 2022, 17:15 WIB

Irjen Kemenkumham Sidak Prokes Antisipasi Omicron di Lapas Sidoarjo


Heri Susetyo | Nusantara

INSPEKTUR Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Razilu melakukan inspeksi mendadak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Delta Sidoarjo melihat upaya antisipasi penyebaran covid-19 terutama varian omicron, Jumat (14/1). 

Lapas yang saat ini dihuni lebih dari 1.200 warga binaan memang berupaya melakukan antisipasi penyebaran covid-19. Apalagi seperti kondisi lapas dan rutan pada umumnya di Indonesia, Lapas Kelas 2A Sidoarjo ini juga over kapasitas.
 
Di masa pandemi ini tidak ada kunjungan keluarga pada warga binaan. Namun pihak lapas memberikan fasilitas komunikasi keluarga dengan warga binaan secara virtual. Komunikasi video call ini disediakan di luar lapas secara gratis. Namanya Layanan Video Call Keluarga Si Temon (Temu Online).
 
Razilu mengapresiasi Layanan Video Call Keluarga Si Temon ini. Sebab pada umumnya layanan video call hanya disediakan di dalam lapas. "Saya akan sosialisasi layanan ini agar bisa ditiru di tempat lain," kata Razilu.
 
Layanan video call di Lapas Delta Sidoarjo memang tidak hanya dari keluarga kepada warga binaan. Di dalam lapas juga ada layanan gratis video call bagi warga binaan yang ingin berkomunikasi virtual dengan keluarga di luar. Namanya Si Vicall (Video Call Warga Binaan). 

Kepala Lapas Delta Sidoarjo Teguh Pamuji menambahkan, pihaknya memang berupaya keras di masa pandemi dengan sejumlah inovasi. Inovasi untuk mencegah penyebaran covid-19, sekaligus melayani keluarga warga binaan yang ingin bertemu. Namun karena selama pandemi tidak boleh ada kunjungan keluarga, maka diluncurkan inovasi video call Si Temon.
 
"Meskipun tidak sehebat varian Delta, namun omicron ini tidak boleh dipandang sebelah mata, maka kami luncurkan inovasi tadi," kata Teguh. (HS/OL-10) 

 

BERITA TERKAIT