14 January 2022, 18:39 WIB

Pemkot Palembang Siagakan Satgas Banjir


Dwi Apriani | Nusantara

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palembang, Sumsel  telah mengeluarkan peringatan dini adanya intensitas hujan meningkat selama beberapa hari kedepan. Untuk itu, Pemerintah Kota Palembang harus bersiap antisipasi menghadapi potensi bencana banjir di wilayah tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan pigaknya sudah menyiagakan satuan tugas banjir untuk menghadapi potensi intensitas hujan yang meningkat di wilayah tersebut. Pada akhir Desember 2021 lalu telah terjadi banjir yang cukup tinggi dan melanda banyak titik di berbagai kecamatan di Kota Palembang.

"Tentu kami tidak mau hal itu terjadi lagi. Karenanya kami sudah menyiagakan satgas banjir yang beranggotakan gabungan organisasi perangkat daerah. Diharapkan mereka ini dapat bergerak cepat dalam mengatasi persoalan banjir di Palembang. Selain itu mereka ini pula dapat membantu masyarakat jika terjadi bencana banjir akibat intensitas hujan yang deras itu," jelasnya, Jumat (14/1).

Ia mengatakan satgas banjir ini standby selama 24 jam dan saat mendapat informasi adanya bencana banjir maka mereka akan langsung menuju lokasi. Adapun yang dilakukan diantaranya membantu evakuasi warga, membantu mendatangkan alat berat, dan sebagainya. "Mereka ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan mencegah timbulnya korban jiwa," ucapnya.

Ratu Dewa menjelaskan, satgas banjir ini juga diinstruksikan melakukan pengawasan intensif sejumlah kawasan rawan banjir dengan mengecek permukaan air di beberapa saliram air saat turun hujan. Dengan begitu maka akan ada upaya penanggulangan yang bisa segera dilakukan.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat yang memang berada di lokasi rawan banjir agar tetap waspada dan berhati-hati saat intensitas hujan deras terjadi," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT