14 January 2022, 13:56 WIB

Antisipasi Omikron, RSUD Cilacap Tambah Kapasitas Tempat Tidur


Lilik Darmawan | Nusantara

RSUD Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) telah menambah kapasitas tempat tidur untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya omikron. Jika sebelumnya hanya 17 unit, tetapi sekarang telah ditambah menjadi 79 tempat tidur.

Direktur RSUD Cilacap Mochamad Ichlas Riyanto mengatakan bahwa RSUD telah mengantisipasi sejak dini kemungkinan munculnya omikron. "Salah satu antisipasinya adalah dengan menambah kapasitas tempat tidur. Sebelumnya RSUD Cilacap hanya memiliki kapasitas 17 tempat tidur. Namun seiring dengan antisipasi omikron, maka kini kapasitas menjadi 79 tempat tidur," jelasnya, Jumat (14/1).

Dijelaskannya, ruangan yang menjadi tempat perawatan telah terkoneksi dengan oksigen yang tersentral. Ada juga APD, ventilator dan peralatan lain, telah kami siapkan. Mudah-mudahan tidak terpakai," ujarnya.

Khusus kebutuhan oksigen, lanjut Ichlas, telah menyiapkan dua tabung besar likuid atau oksigen cair. Total kapasitasnya mencapai 6 ton.

Di sisi lain, RSUD juga memastikan tes PCR berjalan dengan baik. Setiap harinya mampu melakukan tes 96 sampel. "Kalau untuk pengujian omikron, kami belum bisa. Kami akan melakukan uji omikron ke Yogyakarta," katanya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT