13 January 2022, 21:54 WIB

Bangkitkan UKM, Ganjar Resmikan Dekranasda Jateng Store di YIA


Haryanto | Nusantara

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melaunching Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jateng Store di Yogyakarta International Airport (YIA). Beragam stand produk Usaha Kecil Menengah (UKM) ditampilkan mulai dari aneka kopi, garmen, angkringan, gudeg, pukis, hingga kerajinan tangan (handicraft).

"Hari ini, Dekranasda Jateng Store jualan di Bandara Jogja. Yang disini cukup besar dan produknya lebih banyak," kata Ganjar, Kamis (13/1).

Ganjar mengungkapkan, selain stand UKM, Dekranasda Jateng juga meluncurkan sebuah katalog sebagai petunjuk bagi pengunjung ketika memasuki area Dekranasda Jateng Store.

"Kita buat satu katalog tak kasih judul lokal, untuk guide. Dilengkapi dual language Indonesia-Inggris, isinya beberapa produk yang dijual disini supaya orang (pembeli) bisa memutuskan barang yang dibelinya," ungkapnya.

Ganjar mengatakan, Dekranasda Jateng Store sebagai ajang promosi UKM yang ada di Jateng. Diharapkan dapat mendorong para pelaku UKM untuk bangkit dan berkembang di tengah pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan nanti orang akan bisa belanja, membeli souvernir dan barangkali ada orang yang ingin jadi reseller. Jadi kita sampaikan semua yang jualan disini ikut angkat, bawa, dan posting di medsosnya masing-masing," ucapnya.

"Jadi jangan hanya berhenti disini, karena penerbangan belum normal tapi membaik, jadi ada tren jaman. Nanti kita jemput bola dengan acara ini," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jateng, Siti Atikoh menyebut sebelum acara ini diselenggarakan, pihaknya melakukan kurasi produk UKM. Hasilnya, dari 29 kabupaten/kota, ada 88 UKM dengan 481 jenis produk dan 2143 item ikut meramaikan Dekranasda Jateng Store.

"Nanti evaluasi 6 bulan, bagaimana respon pasar, apa produk yang diinginkan masyarakat dan bandara ini. Semoga bisa diterima positif," kata Atikoh yang juga istri dari Gubernur Jateng itu.

Terpisah, salah satu pengisi stand UKM di Dekranasda Jateng Store, Yuridulloh (43) mengaku senang. Sebab, kesempatan ini jadi sebuah peluang agar produknya lebih dikenal di mancanegara.

"Terima kasih pak Ganjar atas kesempatan yang telah diberikan ini, UKM bisa naik kelas. Impian saya produk Yuam Roasted Coffee bisa melanglangbuana ke mancanegara," tutup Yuridulloh. (OL-13)

Baca Juga: Gubernur Lampung Dukung BKKBN Sosialisasikan Pengendalian Penduduk

BERITA TERKAIT