13 January 2022, 20:49 WIB

Pemkab Purwakarta Mulai Lakukan Vaksinasi Booster


Reza Sunarya | Nusantara

VAKSINASI booster mulai digelar di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (13/1). Dalam vaksin perdana untuk booster ini, petugas menyediakan 1000 dosis vaksin yang diperuntukan bagi pelayan publik, serta masyarakat umum.

Vaksinasi ketiga atau booster secara perdana di Purwakarta, dilakukan di Taman Maya Datar, yang berada di lingkungan Pemkab Purwakarta. Vaksin booster dilakukan setelah capaian vaksin bagi masyarakat umum dan lansia, telah melebihi 70 persen. Wilayah Purwakarta juga telah berada dalam PPKM level satu.

Juru bicara Satgas Civid 19 Kabupaten Purwakarta, Erlita menyebutkan, petugas menyediakan sebanyak 1000 dosis vaksin, dari jenis astrazeneka. Vaksin perdana di utamakan bagi pelayan publik,serta masyarakat umum. namun, penyuntikan booster  baru bisa dilakukan jika warga telah disuntik vaksin tahap kedua, dan berjarak minimal enam bulan.

"Kami menyiapkan 1000 dosis astrazeneca. Untuk hari ini, pemberian vaksin diutamakan kepada petugas palayalan publik," kata Erlita.

Dikatakan, vaksinasi booster di Purwakarta akan terus digelar secara bertahap, menyesuaikan dengan droping dan ketersediaan dosis vaksin, dari pemerintah pusat. "Akan dilakukan secara bertahap karena kami menyusuaikan pula dengan droping dari pemerintah pusat." Ungkap Erlita.

Ia mengatakan, untuk warga yang akan divaksin booster, harus sudah memenuhi persyaratan, yaitu jarak dari vaksin dosis duanya lebih dari enam bulan. Dan untuk masyarakat akan disiapkan sentra-sentra vaksin yang akan memberikan satu kali suntikan dan menyiapkan beberapa jenis vaksin. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT