13 January 2022, 20:31 WIB

Antisipasi Omikron, Purwakarta Siapkan Empat RS Rujukan


Reza Sunarya | Nusantara

MESKI hingga saat ini di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat belum ditemukan warga yang positif varian omikron. Namun pemerintah setempat melakukan sejumlah mitigasi untuk mengantisipasi penyebaran varian Covid-19.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan, untuk mengantisipasi penyebaran varian Omikron, langkah-langkah strategi yang selama ini sudah diterapkan harus terus kembali diperkuat secara masif. Diantaranya penegakan protokol kesehatan, penguatan testing, tracing, dan isolasi terpusat, akselerasi vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak-anak serta mempersiapkan segala kebutuhan rumah sakit dan obat-obatan untuk antisipasi hal terburuk,

Dikatakan Anne, Pemkab juga akan melakukan berbagai upaya lainnya agar virus Omikron  tidak menjangkit warga Purwakarta, seperti meningkatkan kembali pengawasan hingga tingkat RW dan RT mengenai pengawasan protokol kesehatan warga. "Terutama di titik keramaian akan kita tingkatkan, kemudian juga tracking di dua laboratorium di Dinas Kesehatan dan RSUD Bayu Asih Purwakarta," kata Anne, Kamis (13/1).

Menurut Anne, Pemkab Purwakarta juga menyiapkan empat rumah sakit rujukan jika ada yang terjangkit Omicron yaitu di RSUD Bayu Asih, RS Asri, Abdul Radjak, dan RS Siloam. "Keempat rumah sakit itu sudah dilakukan koordinasi dan mereka siap," ungkap Anne.

Bupati menyebut sejauh ini belum ada indikasi warga terpapar virus varian baru itu. Ada satu kasus kemarin namun bukan omikron melainkan varian Delta.

Anne  kembali mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan terutama ketika beraktivitas di luar rumah. Karena protokol kesehatan sangat penting dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19. (OL-15)

BERITA TERKAIT