13 January 2022, 17:15 WIB

Pasokan Belum Datang, Pemkab Klaten Belum Bisa Laksanakan Vaksinasi Booster


Djoko Sardjonoi | Nusantara

PROGRAM vaksinasi booster di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, belum bisa dilaksanakan karena terkendala pasokan vaksin.

"Saat ini, kami masih menunggu vaksin dosis ketiga itu," kata Cahyono Widodo, Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Kamis (13/1).

Kalau vaksin sudah tersedia, lanjut Cahyono, program vaksinasi dosis ketiga dengan prioritas lansia itu akan langsung dilaksanakan.

Program vaksinasi booster diprioritaskan warga lanjut usia (lansia). Untuk sementara capaian vaksinasi lansia 78 persen di Klaten.

Sementara, capaian vaksinasi di Klaten untuk dosis pertama 90 persen dan 74 persen dosis kedua dari total target 1.006.650 warga.

"Adapun vaksinasi untuk anak hingga tanggal 11 Januari lalu telah mencapai 88,79 persen," ungkap Cahyono.

Kemudian, untuk antisipasi omikron yang perlu dilakukan adalah vaksinasi ditingkatkan. Selain itu, mematuhi protokol kesehatan.

Kasus covid-19 bertambah

Terkait kasus covid-19 di Klaten, ada penambahan lagi satu terkonfirmasi positif, Rabu (12/1). Namun, kali ini juga ada satu pasien sembuh.

Penambahan satu terkonfirmasi positif, kata Cahyono, adalah warga asal Kecamatan Ceper yang pulang dari perjalanan luar daerah.

Sehari sebelumnya, Selasa (11/1), Klaten juga ada satu warga asal Kecamatan Manisrenggo yang terkonfirmasi positif covid-19. Di sisi lain, satu pasien pekerja migran warga Klaten Utara yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan, kini dinyatakan telah negatif.

Sedangkan dua orang pelaku perjalanan luar daerah yang terkonfirmasi positif, saat ini tengah menjalani isolasi terpusat di Donohudan.

Dengan penambahan kasus terkonfirmasi positif baru, jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Klaten akumulatif hingga kini menjadi 34.836 kasus.

"Dari jumlah itu, sebanyak 31.911 orang sembuh, 2 menjalani perawatan/isolasi, dan 2.923 meninggal dunia," kata Cahyono Widodo. (OL-13)

Baca Juga: Hari Ini DIY Mulai Vaksin Dosis Ketiga untuk Lansia dan ASN

 

BERITA TERKAIT