13 January 2022, 16:55 WIB

Hari Ini DIY Mulai Vaksin Dosis Ketiga untuk Lansia dan ASN


Ardi T Hardi/Agus Utantoro | Nusantara

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) mulai menyuntikkan vaksin penguat atau vaksin dosis ketiga (booster) kepada lansia, Kamis (13/1), di Jogja Expo Center. Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie menargetkan, vaksinasi massal bisa diikuti 5 ribu orang.

Vaksinasi massal akan berlangsung selama tiga hari menggunakan vaksin jenis AstraZeneca dan Pfizer. "Paling tidak diharapkan bisa lebih dari 1.500 per hari," kata dia.

Pembajun menyebut, jumlah lansia di DIY sekitar 472.801 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 82 persen sudah disuntik vaksin dosis kedua.

Ia menjelaskan, setelah di JEC, masyarakat dapat memperoleh vaksinasi dosis ketiga di sentra-sentra vaksin atau fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat.

Selain lansia, vaksinasi massal dosis ketiga di JEC juga diikuti oleh aparatur sipil negara (ASN). "Ada sekitar 13000 ASN Tendik yang kita prioritaskan (menerima vaksin dosis ketiga)," papar dia.

Pihaknya memprioritaskan menggunakan vaksin AstraZeneca dalam vaksinasi massal kali ini karena vaksin jenis itu mau kedaluwarsa Januari ini. Dengan demikian, ia berharap tidak ada vaksin yang kadaluarsa di DIY.

Pembajun menyebut, sekitar 30.000 dosis vaksin jenis AstraZeneca yang akan segera kadalursa. Ia pun menegaskan, stok vaksin Covid-19 di DIY secara keseluruhan masih cukup. (OL-13)

Baca Juga: Polda Kalbar Tangkap 9 Mucikari Prostitusi Daring yang Libatkan Anak-anak

BERITA TERKAIT