12 January 2022, 18:58 WIB

Pemkot Solo Lakukan Vaksinasi Booster Mulai 14 Januari


Widjajadi | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Solo akan menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) untuk sasaran 47 ribu kelompok warga lansia dan rentan mulai Jumat (14/1). Jadwal ini mundur dua hari dari jadwal secara nasional.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota, Siti Wahyuningsih, Rabu (12/1) usai memberikan laporan kepada Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota terkait kesiapan pelaksanaan vaksin boster atau vaksinasi dosis tiga bagi warga Kota Solo.

Pemkot Solo melalui Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dengan para lurah, untuk pendataan kelompok lansia dan warga rentan yang sebelumnya sudah menerima dua dosis vaksin, hingga waktunya mengikuti vaksinasi lanjutan atau tahap tiga. "Mereka yang diprioritaskan mendapatkan dosis vaksin booster adalah yang sudah melewati waktu enam bulan sejak menerima vaksin dosis kedua," jelasnya.
 
Namun, diakui stok vaksin Covid-19 yang dimiliki Dinkes Kota Solo, jumlahnya sudah minim yaitu sejitar 200 dosis. "Kami menunggu pasokan vaksin dari pusat," terang Siti Wahyuningsih.

Terkait minimnya stok vaksin Covid-19, Gibran mengatakan akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota lain yang memiliki stok Pfizer atau AstraZeneca mendekati kedaluarsa untuk bisa digunakan di Solo. "Untuk percepatan kita akan koordinasi dengan daerah lain agar dapat stok vaksin," jelasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah memutuskan menggratiskan pemberian dosis ketiga vaksin Covid-19, yang menjadi penguat imun bagi seluruh masyarakat Indonesia, mulai digelar 12 Januari. Pemberian vaksinasi dosis ketiga secara gratis. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT