12 January 2022, 18:04 WIB

Musi Rawas Rawan Banjir, Masyarakat Diimbau Waspada


Dwi Apriani | Nusantara

KABUPATEN Musi Rawas, Sumsel memiliki geografis dataran rendah. Saat musim penghujan, kabupaten ini sangat rentan berpotensi terjadinya banjir, terutama di kawasan pemukiman yang berdekatan dengan aliran sungai.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Musi Rawas, Eko Sepriwan mengatakan saat ini curah hujan sedang meningkat. Karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat, terutama yang rumahnya berada di sekitar aliran sungai karena bencana banjir bandang bisa terjadi.

"Kami sudah mengimbau agar warga waspada terhadap banjir yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi," jelasnya, Rabu (12/1/2022).

Wilayah yang berpotensi terjadinya banjir di Musi Rawas adalah Muara Kelingi, Muara Lakitan, BTS Ulu, Megang Sakti, dan beberapa wilayah lainnya. "Memang benar saat ini intensitas hujan sedang meningkat. Utamanya di Januari, Februari sampai Maret. Karena itu warga diimbau agar tetap waspada terhadap banjir," kata dia.

Namun diakuinya, meski saat ini curah hujan meningkat, namun sampai sejauh ini belum ada laporan terkait banjir dalam skala besar.

Hanya ada beberapa lokasi yang tergenang, karena diguyur hujan cukup lama dan ada saluran atau selokan di pemukiman masyarakat atau perkampungan yang tersumbat. Sehingga mengakibatkan genangan air di beberapa titik lokasi.

"Sampai saat ini, kami belum menerima laporan adanya lokasi terdampak banjir. Sedangkan genangan air memang sekarang karena curah hujan cukup lama," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT