12 January 2022, 17:15 WIB

Harimau Sumatra Berkeliaran di Permukiman Warga Mukomuko Bengkulu


Marliansyah | Nusantara

HARIMAU sumatra kembali masuk ke permukiman warga Desa Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Hewan liar itu memangsa ternak sapi pada Selasa (11/1) malam.

Harimau berkeliaran di sekeliling rumah warga di desa tersebut. Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Air Hitam, Kabupaten Mukomuko, Abu Kamel, di Bengkulu, mengatakan, sebanyak empat harimau telah masuk dan berkeliaran di permukiman warga.

Karena itu, petugas KSDA Air Hitam mengerahkan petugas untuk menghalau harimau sumatra pemangsa ternak warga di Unit Permukiman Transmigrasi Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman, tersebut. "Upaya yang dilakukan dengan melakukan pengusiran karena harimaunya ada empat ekor agar mereka dapat kembali ke hutan," katanya. 

BKSDA, lanjut dia, berharap harimau itu dapat kembali ke Hutan Produksi Air Rami. Saat ini, BKSDA setempat tidak memasang jerat karena diduga ada empat harimau berdasarkan jejak sehingga dilakukan pengusiran.

Baca juga: Sidoarjo Mulai Lakukan Vaksinasi Booster untuk Lansia

Hingga saat ini, warga desa tidak ada yang berani lagi membiarkan sapi mencari makan di lokasi yang jauh dari permukiman penduduk. Karenanya, warga mengikat ternak di belakang rumah. (OL-14)

BERITA TERKAIT