12 January 2022, 14:05 WIB

Tokoh Muda Kalteng Puji Manfaat KIP Kuliah dan Kartu Pra Kerja yang Digagas Jokowi


Mediaindonesia.com | Nusantara

Presiden Joko Widodo yang mengeluarkan berbagai kartu terbukti sangat bermanfaat masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu. Kartu-kartu yang diluncurkan selama pemerintahan Presiden Jokowi menjangkau segala kebutuhan dasar masyarakat.

Tokoh pemuda asal Kalimantan Tengah (Kalteng) yang juga pengurus di Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Riko Rahman menyampaikan pujiannya terhadap berbagai kartu di era Presiden Jokowi. Riko melihat langsung bagaimana kartu sakti Jokowi, terutama “Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah” sangat membantu teman-temannya yang kurang mampu.

“Karena adanya kartu (KIP Kuliah) ini tentu akan sangat membantu kita mahasiswa, teman-teman kita yang tidak mempunyai kemampuan finansial untuk sama-sama dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi,” ujar Riko saat menjadi pembicara seminar nasional di Universitas Palangka Raya dengan tema "Peran Kartu Sakti Terhadap Peningkatan Kualitas SDM Indonesia: Mengkaji Progresivitas Kebijakan Jaring Pengaman Sosial Pemerintahan Jokowi".

Program “KIP Kuliah” sendiri merupakan skema pemerintah untuk memberikan bantuan pendidikan pada tingkat perguruan tinggi selama menjalani studi. Riko mengatakan kebijakan Jokowi ini sangat membantu para mahasiswa.

Riko tidak hanya mengapresiasi “KIP Kuliah” yang sudah berhasil dijalankan oleh Pemerintahan Jokowi, tetapi menilai juga sukses memberikan hak Pendidikan bagi masyarakat.  Pada akhirnya semua punya harapan untuk bisa merasakan Pendidikan perguruan tinggi.

Selain KIP Kuliah, Kartu Pra Kerja juga dinilai Riko sebagai terobosan. Menurut dia, dunia kerja sangat berbeda dengan dunia kuliah. Kartu Pra Kerja menjawab semua kebutuhan itu semua.

“Kartu Pra Kerja mampu meningkatkan soft skill,” ujar Riko.

Selama pemerintahan Jokowi, terobosan-terobosan kartu sakti berhasil membawa kebermanfaatan untuk masyarakat banyak. Bukan hanya “KIP Kuliah” dan “Kartu Pra Kerja”. Jokowi juga berhasil mendistribusikan Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat. (OL-12)

BERITA TERKAIT