11 January 2022, 20:49 WIB

Bupati Jayapura Soal Jalan Sentani-Depapre : Harus Jadi Tahun Ini 


Thomas Harming Suwarta | Nusantara

BUPATI Jayapura Mathius Awoitauw bersikeras mendesak pemerintah pusat untuk merealisasikan pembangunan infrastruktur jalan dari Sentani menuju Pelabuhan Petikemas Depapre di Kabupaten Jayapura. Bahkan pekerjaan jalan sepanjang 22 km yang tertunda sekian lama itu menurut Mathius tidak ada pilihan lain harus diselesaikan pada tahun ini. 

“Ini sudah lama sekali tertunda dan dari tahun ke tahun, kita hanya mendengar cerita yang sama tetapi tidak kunjung direalisasikan. Bagi saya tidak ada pilihan lain, ya harus tahun ini juga kita selesaikan. Bukan lagi nanti, atau tahun depan seperti janji yang sudah-sudah,” tegas Mathius saat menggelar pertemuan terbatas secara virtual dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (11/1). 

Mathius menjelaskan, pihak Pemerintah Kabupaten Jayapura sudah berulang kali membangun komunikasi dengan Kementerian PUPR, bahkan hingga data-data teknis terkait rencana jalan sudah diserahkan sehingga hampir pasti tidak ada alasan lagi untuk tidak menyelesaikannya. Termasuk soal kasus hukum yang membuat proyek ini terhenti kata Mathius sudah terselesaikan karena putusan hukum yang sudah inkracht. 

“Artinya tinggal jalan. Kenapa kok susah sekali. Padahal Tol Laut Pelabuhan peti kemasnya sudah dibuka. Dan ini adalah jalan strategis menuju Pelabuhan itu,” tegasnya. 

Baca juga : Polres Klaten Bantu Pembangunan Masjid At Taubah

Mathius mengingatkan Kembali janji Presiden Joko Widodo saat  2016 mengunjungi Pelabuhan Depapre yang merencanakan Pelabuhan Depapre sebagai Pelabuhan peti kemas terbesar di Indonesia Timur. Bukan hanya itu pembangunan tol laut di Papua dengan pembukaan Pelabuhan peti kemas Depapre merupakan proyek strategis nasional dalam rangka percepatan pembangunan di Tanah Papua. 

“Semua kajian itu sudah selesai. Sekarang harusnya tidak ada lagi ruang diskusi karena ini bukan barang baru. Ini sudah dikerjakan dan direcanakan sebagai proyek strategis nasional yang harus direalisasikan. Dan kami akan terus tagih, tahun ini harus selesai,” ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR memastikan pengerjaan jalan sentani depapre diusulkan penganggarannya pada tahun ini dengan anggaran sebesar Rp378 Miliar, yang terdiri dari Rp227 Miliar pemabungan jalan dan RP150 miliar pembanguan jembatan melalui program SBSN. (OL-7)

BERITA TERKAIT