11 January 2022, 22:10 WIB

Polres Kebumen dan Polresta Banyumas Lakukan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun


Lilik Darmawan | Nusantara

POLRES Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) menggelar kegiatan vaksin mobile  pada Selasa (11/1). Salah satunya adakah di MI Negeri 1 Kebumen di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Kapolres Kebumen Ajun Komisaris Besar (AKB) Piter Yanottama didampingi Kasi Humas Polres Ajun Komisaris Tugiman mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan menyasar kepada anak-anak usia 6-11 tahun. "Kami terus melakukan upaya untuk percepatan vaksinasi khususnya kepada anak-anak," jelas Kapolres.

Menurutnya, Polres memberikan dukungan penuh kepada pemkab yang  melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat, khususnya anak-anak sekolah. "Tujuannya supaya herd immunity di masyarakat semakin terbentuk. Apalagi, saat sekarang sudah masuk ke pembelajaran tatap muka (PTM)," kata dia.

Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun telah digelorakan Polres Kebumen sejak awal Januari 2022. "Meski telah menerima vaksinasi hingga dosis dua, masyarakat tetap wajib menerapkan prokes dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sementara di Banyumas, Polresta juga menggelar vaksinasi di SD Negeri 2 Pliken, Kecamatan Kembaran. Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu didampingi Kabag Ops Kompol Aldino Agus Anggoro, mengatakan  kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di SDN 2 Pliken ini dalam rangka vaksinasi merdeka.

"Tujuannya untuk kekebalan tubuh dan percepatan vaksinasi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi ini juga sebagai upaya kita untuk bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujarnya.

Setelah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan dan screening, sebanyak 126 siswa dapat tervaksin jenis sinovac dalam Vaksinasi Anak Merdeka di SDN 2 Pliken. "Dengan harapan, anak anak sudah siap sekolah, tambah sehat, sehingga orang tua bisa tenang saat melepas anaknya untuk pergi ke sekolah," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT