11 January 2022, 20:15 WIB

Lamongan Cari Solusi Penanganan Banjir Luapan Bengawan Jero


M Yakub | Nusantara

PEMKAB Lamongan, Jawa Timur mengelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mencari solusi atas banjir luapan Bengawan Jero. Upaya tersebut dalam rangka mempercepat penanganan banjir yang saat ini masih melanda Lamongan.

Dalam rapat itu, Bupati Yuhronur Efendi mengundang pihak Balai Besar Bengawan Sungai (BBWS) Bengawan Solo serta Dinas Pekerjaan Uumum Sumber Daya Air Propinsi Jawa Timur untuk merumuskan solusi banjir Bengawan Jero, di ruang kerjanya, Selasa (11/1).

Banjir akibat luapan sungai Bengawan Jero yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lamongan menjadi isu penting yang saat ini sedang dicari solusinya. Menurut Bupati, dampak banjir telah mengakibatkan aktivitas perekonomian warga yang terdampak terganggu. Hal itu membuatnya prihatin dan khawatir, karena tak hanya merendam rumah warga tetapi juga lahan tambak serta fasilitas umum.

"Banjir Bengawan Jero sampai dengan saat ini masih belum surut. Meski dari sisi bantuan sembako maupun pengobatan gratis sudah banyak yang Kami turunkan, namun pemerintah harus hadir memberikan solusi," terangnya.

Karena itu, lanjut dia, Pemkab mengundang pihak terkait untuk mencari solusi jangka panjang dalam menanganani banjir tahunan tersebut. "Kami di sini duduk bersama untuk merumuskan solusi, bagaimana cara menangani banjir ini,"  tandasnya.

Bupati juga meminta pihak-pihak yang hadir dalam pertemuan hari ini untuk gerak cepat. Sehingga rumusan solusi yang sudah dirumuskan harus segera dieksekusi. Bupati juga menyatakan, rapat bersama tersebut menjadi salah satu upaya Pemkab Lamongan untuk mengajak pihak yang mempunyai kewenangan atas Bengawan Jero menemukan solusi yang tepat untuk penanganan banjir baik dalam jangka pendek maupun panjang ke depan agar tidak terjadi banjir kembali. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT