11 January 2022, 17:15 WIB

Sumsel Gencarkan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai menggencarkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Hal ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat dalam mempercepat herd immunity sebagai upaya mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Ferry Yanuar mengatakan berdasarkan hasil pencatatan pihaknya saat ini sudah capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sumsel sudah mencapai 4,8 persen.

"Target sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sumsel yakni sebanyak 899.662 anak. Saat ini sudah tervaksin sehanyak 43.164 orang anak. Artinya capaian vaksinasi anak sudah mencapai 4,8 persen," jelasnya, Selasa (11/1).

Ia menjelaskan, capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini tertinggi di Empat Lawang yang sudah mencapai 31,91 persen. Disusul dengan Prabumulih yang sudah mencapai 15,8 persen. Sementara untuk yang terendah tercatat di Pali yang baru mencapai 0,05 persen dan Lubuklinggau 0,07 persen.

"Karena baru mulai dilakukan vaksinasi anak maka sampai saat ini di Sumsel baru diberikan vaksin dosis satu. Rata-rata semuanya menggunakan vaksin Sinovac," jelas Ferry.

Tak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini juga menggandeng pihak sekolah. Sehingga pelaksanaan vaksinasi anak dilakukan di setiap sekolah yang sudah kerjasama dengan instansi terkait ataupun fasilitas kesehatan terdekat dan dinas kesehatan setempat.

"Peranan instansi terkait dalam mempercepat capaian vaksinasi anak ini sangat penting. Karenanya kita berharap semua pihak dapat terlibat agar herd immunity di Sumsel bisa tercapai secara keseluruhan," jelasnya.

Sementara untuk vaksinasi Covid-19 secara keseluruhan untuk tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat rentan dan umum, remaja, anak-anak, gotong royong di Sumsel sudah mencapai 78,4 persen untuk dosis satu. Sementara dosis dua sudah mencapai 45,3 persen dan dosis ketiga nakes mencapai 78,43 persen.

"Untuk stok vaksin kita cukup. Karenanya kita terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di 17 kabupaten dan kota di Sumsel," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT