07 January 2022, 16:30 WIB

Wapres Ingatkan Tiga Fungsi Penting Pesantren


M Taufan SP Bustan | Nusantara

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Palu, Sulawesi Tengah, dengan bersilaturahmi kepada pengurus Pondok Pesantren Al-Khairaat. Di pondok itu, Ma'ruf menilai Al-Khairaat memiliki peran strategis dalam mendakwahkan nilai-nilai keislaman.  

"Nilam-nilai keislaman itu bahkan tersebar tidak hanya di Sulawesi, tetapi juga berkembang sampai ke Papua. Itu yang disampaikan Wapres," kata juru bicara Wapres Masduki Baidlowi seusai melakukan pertemuan di Pondok Pesantren Al-khairaat, Jumat (7/1).  

Menurutnya, kepada keluarga besar Al-Khairaat, Wapres mengingatkan tiga fungsi penting pesantren. Pertama, pesantren memiliki tugas pokok untuk menyiapkan kader-kader yang ahli fikih. Kedua, tugas dakwah yang selama ini sudah dilakukan Al-Khairaat. Ketiga, Wapres menekankan pentingnya peran pesantren dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

"Jadi Wapres tadi menekankan agar Ponpes Al-Khairaat itu menggerakkan ekonomi umat, karena cabangnya ribuan di pelbagai tempat," ungkap Masduki. Ia menambahkan bahwa itu bisa dilakukan oleh Al-Khairaat melalui kerja sama dengan pemerintah. 

Baca juga: Vaksinasi Dosis I di Kupang Lampaui 90 Persen

Itu akan menjadi kekuatan grassroot di bawah yang cukup baik. "Dan itu rupanya direspons dengan baik oleh pengurus Al-khairaat," tandas Masduki. (OL-14)

BERITA TERKAIT