04 January 2022, 21:11 WIB

PTM 100% di SMPN 1 Kota Tegal Jadi Percontohan Provinsi


Supardji Rasban | Nusantara

SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Tegal, Jawa Tengah, mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) seratus persen. PTM di SMP Negeri selain sebagai percontohan di Kota Tegal, juga tingkat provinsi.

PTM digelar menyusul hasil koordinasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat sebagai tidak lanjut Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yang telah direvisi. PTM seratus persen tersebut telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Tegal, sejak masuk semester dua atau tepatnya Senin (/1). Pihak sekolah sudah tidak melakukan sistem gilir siswa atau dengan membagi dua sesi, pada setiap kelasnya.

"Dari jumlah 30 siswa per kelas, seluruhnya bisa mengikuti pembelajaran bersama sama," ujar Kepala SMP Negeri 1 Kota Tegal, Listiana Kusuma Wardani.

Ia menuturkan PTM seratus persen tersebut terlaksana setelah seluruh guru dan siswa sudah mengikuti vaksin tahap satu dan dua. "Semua guru dan siswa sudah mengikuti vaksinasi tahap kedua," terang Listiana.

Listiana menyebut pihaknya juga telah mempersiapkan Tim Gugus Covid-19 pelajar dan guru yang bertugas memantau aktivitas siswa untuk patuh terhadap protokol kesehatan. "Para siswa ditekankan untuk selalu mengenakan masker saat beraktivitas di lingkungan sekolah," jelasnya.

Menurut Listiana pelaksanaan PTM seratus persen tersebut masih akan terus dievaluasi dalam setiap minggunya dengan melihat kondisi lapangan. SMP Negeri 1 Kota Tegal merupakan sekolah percontohan PTM di Kota Tegal dan tingkat provinsi. "Untuk jumlah total siswa di sini sebanyak 728 siswa," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT