30 December 2021, 09:30 WIB

Pemkab Klaten Salurkan Bantuan kepada 5.955 UKM Terdampak Covid-19


Djoko Sardjono | Nusantara

SEBANYAK 5.955 usaha kecil dan menengah (UKM) terdampak covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mendapat bantuan stimulus dari pemda setempat.

Total bantuan stimulus UKM sebesar Rp2,977 miliar atau masing-masing menerima Rp500.000. Bantuan ini disalurkan melalui virtual account Bank Jateng.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Bupati Sri Mulyani di Kantor Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Klaten, Rabu (29/12).

Pemberian bantuan UKM sebagai upaya menjaga keberlangsungan usaha, serta mendorong kebangkitan
pelaku usaha mikro di tengah pandemi covid-19.

"Bantuan stimulus ini diberikan untuk menambah modal usaha pelaku UKM terdampak pandemi covid-19," kata Supriyanta, Plt Kepala Disdagkop UKM Klaten.

Usaha mikro yang dibantu, yakni mereka yang belum pernah mendapat bantuan pemulihan ekonomi, baik dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten 2021.

Kepala DisdagkopUKM menyebut 5.955 UKM penerima bantuan. Bantuan yang disalurkan total Rp2,977 miliar dari anggaran BTL (bantuan tidak langung) APBD Klaten.

"Setiap pelaku UKM akan menerima bantuan stimulus sebesar Rp500.000, yang penyalurannya melalui rekening tidak nyata (virtual account) Bank Jateng," jelasnya.

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini merupakan wujud perhatian pemerintah kepada pelaku usaha mikro yang terdampak covid-19.

"Kami berharap bantuan stimulus dari APBD Klaten tahun ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, yakni untuk menambah modal usaha pelaku UKM," jelasnya.

Hadir dalam penyerahan bantuan, antara lain Plh Sekda Ronny Roekmito, Asisten II, Kepala Bappeda, dan perwakilan UKM penerima bantuan dari 26 kecamatan di Klaten. (OL-13)

Baca Juga: Tahun Ini, Ancol Tiadakan Perayaan Malam Tahun Baru

 

BERITA TERKAIT