29 December 2021, 11:06 WIB

Jelang Tutup Tahun 2021, Penyerapan APBD Lembata 80% dan Target PAD Meleset


Alexander P. Taum |

TIGA hari menjelang tutup tahun 2021, penyerapan APBD Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, baru mencapai 80 persen. Untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2021 yang ditargetkan Rp863 miliar, dipastikan meleset.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero, di Lewoleba, Rabu (29/12/2021).

Menurutnya, di dalam Struktur APBD tahun 2021, PAD ditargetkan mencapai Rp863 Miliar dan belanja ditarget Rp1,15 Triliun. Anggaran elanja ini melonjak tajam karena Pemda dan DPRD setempat  memasukan dana pinjaman Daerah (PEN) ke dalam struktur APBD Kabupaten Lembata tahun 2021.

"Dalam Rapat Banggar dan TAPD tentang penyempurnaan RAPBD 2022, tanggal 23 Desember diketahui, penyerapan anggaran di atas 80%. Kita berharap sampai akhir tahun ini penyerapan anggaran bisa terus meningkat," ujar Ketua DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Gero.

Menurut Petrus Gero, realisasi pembayaran proyek pada akhir tahun kepada pihak ketiga menjadi hambatan dalam penyerapan APBD.

Namun disebutkan, realisasi anggaran untuk Pihak Ketiga sampai saat ini belum direalisasi juga tergantung kesiapan dokumen yang diserahkan pihak ketiga kepada Pemda.

Meski begitu, Ketua DPRD belum mengetahui kendala komprehensif penyerapan anggaran didalam tubuh organisasi perangkat daerah (OPD) masing masing.

"Penyerapan anggaran itu penting, sebab ia dapat menjadi daya dongkrak bagi pembangunan di Kabupaten Lembata, itu juga menjadi ukuran kinerja bagi para pengguna anggaran. DPRD dukung agar penyerapan anggaran bisa dioptimalkan," ujar Petrus Gero.

DPRD juga mendorong agar PAD juga ditingkatkan, tapi kalau melihat kondisi ini tidak mungkin PAD mencapai sesuai target.

Sementara itu, hingga akhir tahun, sejumlah pihak ketiga (kontraktor) mengeluhkan pembayaran uang oleh Pemerintah, padahal pihaknya telah merampungkan pekerjaan fisik proyek tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Akses Jembatan Ampera Ditutup Jelang Malam Tahun Baru

BERITA TERKAIT