23 December 2021, 22:55 WIB

Sumut Bangun Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura


Yosep Pencawan |

TIDAK lama lagi Sumatra Utara akan memiliki Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura seluas 15 hektare di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pembangunan taman mulai dilakukan seiring prosesi peletakan batu pertama oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Desa Huta Nauli, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (23/12).

Pada kesempatan itu Luhut sekaligus menandatangani  prasasti pembangunan bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi serta sejumlah Wakil Menteri.

Luhut memastikan pembangunan taman ini tidak akan dapat berjalan lancar tanpa dukungan dan kerja sama berbagai pihak. Mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, pihak swasta, lembaga pendidikan/penelitian, serta masyarakat dan pemangku adat setempat.

Luhut mengucapkan terima kasih kepada pemda dan TNI/Polri yang sudah ikut membantu rencana pengembangan kawasan hutan dengan tujuan khusus ini. Dia pun berharap para pemuka adat dan agama di daerah itu dapat membantu menyosialisasikan pembangunan taman serta pemanfaatannya.

Khusus kepada pihak kontraktor, Luhut meminta agar mengerjakan pembangunan dengan kualitas yang baik. Kelak taman ini bukan hanya didatangi para peneliti nasional tetapi juga dari berbagai penjuru dunia. "Apalagi ada Institut Teknologi Del yang bisa mendorong untuk penelitian di sini. Jadi fasilitas di sini harus bagus," kata Luhut.

Taman ini utamanya sebagai fasilitas pendidikan dalam upaya pengembangan sains dan teknologi hortikultura maupun tanaman herbal. Fasilitas ini juga nantinya dapat membantu petani dalam penyediaan bibit unggul. (OL-15)

BERITA TERKAIT